Facebook

Cara Memulihkan Pesan Facebook yang Dihapus

Cara Memulihkan Pesan Facebook yang Dihapus – Facebook telah menjadi pelopor dalam memfasilitasi koneksi antar individu melalui platformnya yang luas, membantu menyebarkan percakapan di seluruh penjuru dunia.

Seiring berjalannya waktu, pesan yang terdapat dalam platform tersebut telah menjadi bagian berharga. Meskipun tersedia fitur pelestarian data tingkat lanjut, kekhawatiran akan penghapusan pesan secara tidak sengaja tetap menjadi perhatian utama bagi banyak pengguna FB. Untungnya, masih ada cara untuk memulihkan pesan yang telah terhapus di Facebook.

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi berbagai metode untuk memulihkan pesan messenger yang terhapus dari Facebook dengan mudah, baik menggunakan fitur bawaan maupun menggunakan aplikasi.

Cara Memulihkan Pesan Facebook yang Dihapus dengan Fitur Default

1. Pesan yang Diarsipkan

Salah satu kesalahpahaman yang umum adalah bahwa pesan yang dihapus di Facebook sebenarnya tidak dihapus, melainkan dipindahkan ke folder yang dikenal sebagai Archived Folder. Metode ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan pesan dari kotak masuk utama mereka. Bagaimana caranya menemukan pesan Facebook yang telah diarsipkan? Nah, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Berikut adalah langkah-langkah untuk mencatat akun Facebook Anda:

  1. Catat akun Facebook Anda melalui situs web resmi aplikasi atau melalui aplikasi yang telah diinstal pada perangkat Anda.see all messenger
  2. Buka aplikasi Messenger, lalu ketuk ikon profil (pfp) yang terletak di sudut kiri atas. Jika Anda menggunakan versi situs web, klik ikon Messenger yang tersedia.
  3. Selanjutnya, klik opsi “Lihat Semua” di bagian Messenger atau “Permintaan Pesan”, lalu gulir hingga menemukan tombol daftar untuk melihat pesan.archived folder
  4. Di bagian yang berisi pesan yang telah diarsipkan, carilah percakapan yang tidak sengaja Anda arsipkan di sini. Anda dapat mengirim pesan kepada mereka untuk mengembalikannya ke kotak masuk utama, atau membatalkan pengarsipannya jika diinginkan.

2. Data yang Diunduh

Penting untuk diingat bahwa Facebook memiliki fitur penyimpanan data lanjutan yang hanya tersedia bagi pengguna. Anda dapat mengunduh data yang mencakup pesan, postingan, foto, dan konten lainnya.

Meskipun metode ini tidak akan mencakup riwayat percakapan Anda secara langsung di platform Facebook, namun Anda dapat menemukannya dalam arsip data yang telah diunduh.

Apakah mungkin untuk memulihkan pesan yang telah dihapus di Facebook? Ya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang kami sediakan untuk melihat arsip data Facebook yang telah disimpan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh data dari Facebook:

  1. Akses akun Anda dan klik pada opsi Pengaturan Facebook, lalu pilih Pengaturan & Privasi.
  2. Di sana, klik Pengaturan dan pilih Informasi Facebook Anda dari menu di sebelah kiri.
  3. Pilih opsi Unduh Informasi Anda, lalu tentukan data apa yang ingin Anda masukkan dalam arsip. Pilihlah pesan dan atur rentang tanggal dan waktu data yang diinginkan.
  4. Klik tombol Buat File, dan tunggu hingga proses unduhan selesai. Anda akan diberi pemberitahuan ketika file sudah siap. Setelah itu, periksa percakapan Anda di dalam arsip yang diunduh untuk melihat apakah ada pesan yang telah dihapus yang ingin Anda ambil.

Lebih lengkap langkah-langkah pada bagian ini dapat dilihat pada tautan berikut Cara Melihat Inbox Yang Sudah Dihapus.

3. File Explorer

File Explorer pada perangkat Android Anda memuat rangkuman data yang saat ini tersimpan di perangkat Anda, termasuk berkas sementara. Namun, jika Anda telah melakukan format pada perangkat Android Anda dan masih berkeinginan untuk memulihkan pesan yang telah dihapus, metode ini tidak akan berhasil.

Untuk mengetahui cara menemukan pesan Facebook yang telah dihapus secara default di perangkat Android Anda, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

folder android

Langkah 1: Buka aplikasi File Explorer pada perangkat Android Anda, kemudian arahkan ke lokasi penyimpanan berkas sementara, baik itu di penyimpanan internal atau kartu SD.

Langkah 2: Temukan dan buka folder bernama “Android”, lalu masuk ke dalam folder “Data” dan cari folder yang berlabel “Cache”.

Langkah 3: Di dalam folder tersebut, carilah berkas bernama “fb_temp” dan buka untuk mengakses pesan yang telah dihapus dari Facebook.

4. Inspect Elements

Bagi pengguna Facebook yang mengakses platform tersebut melalui komputer dan belum melakukan penghapusan cache pada browser mereka, terdapat kemungkinan bahwa file sementara tersebut masih menyimpan pesan yang telah dihapus.

Penting untuk diingat bahwa metode ini bersifat lebih teknis dibandingkan dengan yang telah kami sebutkan sebelumnya. Meskipun terkadang hasilnya tidak sesuai dengan harapan, namun peluang untuk melakukannya masih ada jika Anda ingin mencobanya.

inspect elements

Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami sediakan, Anda dapat mempelajari cara melihat pesan yang telah dihapus di Facebook menggunakan metode ini.

Cara Penggunaan Inspeksi untuk Mengambil Data di Facebook:

Langkah 1: Buka peramban web Anda dan masuk ke akun utama Facebook di situs web.

Langkah 2: Buka percakapan tempat Anda ingin mengambil pesan yang telah dihapus.

Langkah 3: Di area kosong antarmuka percakapan, klik kanan, dan pilih opsi “Periksa” atau “Periksa Elemen” dari menu konteks yang muncul.

Langkah 4: Setelah itu, jendela dengan kode sumber akan muncul; cari tab “Konsol” dan ketikkan “localStorage” untuk melihat penyimpanan lokal peramban. Di sini, Anda dapat melihat informasi pesan sementara.

5. Dukungan Facebook

Jika langkah-langkah recovery yang telah disebutkan sebelumnya tidak memberikan hasil sesuai yang diharapkan, opsi terbaik adalah meminta bantuan melalui Layanan Dukungan Facebook. Dengan melakukannya, Anda dapat secara langsung menghubungi tim dukungan melalui fitur obrolan untuk mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan masalah dan memulihkan pesan yang telah dihapus di Facebook.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top