Facebook

Cara Melihat Facebook yang Di Privasi

Secara default, Facebook mengatur sebagian besar informasi pengguna menjadi publik. Masyarakat yang prihatin terhadap privasi daring mereka cenderung mengubah profil mereka menjadi pribadi untuk membatasi akses orang lain ke halaman Facebook mereka.

Namun, meskipun pengguna mulai membuat akun Facebook secara anonim, masih terdapat cara bagi orang lain untuk melihat informasi pengguna tersebut.

Dalam artikel ini, pembaca akan mempelajari tentang strategi dan celah yang dimanfaatkan pengguna Facebook lain untuk mengakses akun Facebook pribadi seseorang, serta tindakan yang harus diambil untuk melindungi informasi pribadi.

Cara Melihat Facebook yang Di Pravasi

Memahami Fitur Privasi Facebook

Profil Facebook pribadi adalah profil yang hanya dapat diakses oleh teman. Jika seseorang tidak termasuk dalam daftar teman pengguna tersebut, mereka tidak akan dapat melihat informasi apa pun, postingan, daftar teman, bahkan gambar profil pengguna tersebut.

Ketika sebuah profil diatur sebagai pribadi, ini menandakan bahwa pemiliknya telah menghabiskan waktu untuk meninjau pengaturan privasinya dan mematikan opsi yang dapat mengungkapkan detail pribadinya kepada orang asing.

Pengaturan ini meliputi menjadikan daftar teman Facebook pribadi, mencegah mesin pencari menampilkan akun Facebook dalam hasil pencarian, menjadikan postingan pribadi, serta gambar profil menjadi pribadi.

Meskipun langkah-langkah ini tidak menyediakan anonimitas sepenuhnya, namun dapat membantu membatasi lingkaran orang yang dapat mengakses dan menggunakan informasi pribadi.

Informasi yang tetap dapat dilihat di semua profil Facebook, baik itu pribadi atau publik, meliputi nama pengguna, gambar profil dalam ukuran kecil (jika ada), dan daftar teman yang dimiliki bersama di Facebook.

Cara Melihat Profile Facebook yang di Privasi

Sayangnya, bahkan ketika akun Facebook diatur sebagai pribadi, masih ada cara bagi orang lain untuk mengakses informasi pribadi Anda. Facebook dikenal karena masalah keamanan dan privasinya yang seringkali menjadi sorotan.

Meskipun perusahaan tersebut mengklaim berkomitmen untuk menjaga privasi data pengguna, terdapat beberapa solusi yang memungkinkan orang lain untuk melihat profil Facebook yang diatur sebagai pribadi.

Mengetahui hal ini dapat membantu Anda memahami cara melindungi diri dari peretas, broker data yang mengumpulkan informasi pengguna secara besar-besaran, dan perhatian yang tidak diinginkan dari pengguna Facebook lainnya.

Berikut adalah beberapa metode paling umum tentang cara melihat akun FB yang di privasi.

Metode Pertama: Pengindeksan Google

Beberapa orang tidak perlu mengakses profil pribadi Anda untuk melihat foto atau data pribadi Anda yang tersembunyi. Dengan memanfaatkan pengindeksan Google, penyusup dapat menemukan sebagian besar informasi pribadi Anda yang tersedia di Google. Google menggunakan proses ini untuk menganalisis konten situs web (Facebook) dan memasukkannya ke dalam algoritma pencariannya. Singkatnya, Google menemukan informasi apa pun tentang Anda di Facebook yang diatur sebagai publik dan menampilkannya secara online.

Untuk mengakses informasi tentang pengguna Facebook menggunakan Google, Anda hanya perlu memasukkan nama mereka dalam pencarian Google dan memasukkan “Facebook” sebagai bagian dari pencarian Anda untuk mempersempit hasilnya. Google kemudian akan menampilkan semua informasi yang ditemukannya tentang orang di Facebook yang telah mereka atur sebagai publik.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat dengan mudah membatasi informasi yang diizinkan Facebook untuk dibagikan dengan Google dengan mengubah pengaturan privasi Facebook Anda.

Untuk melakukannya, buka aplikasi Facebook di perangkat Android atau iPhone Anda, lalu pilih Pengaturan & Privasi > Pengaturan. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan Pemirsa dan Visibilitas, lalu pilih Cara Orang Menemukan dan Menghubungi Anda. Di bawah opsi “Apakah Anda ingin menautkan mesin pencari di luar Facebook ke profil Anda?”, pilih “Tidak”. Anda juga dapat mengedit pengaturan ini melalui browser Facebook.

Perubahan ini akan membutuhkan waktu untuk diterapkan, dan mesin pencari tidak akan segera berhenti menautkan ke profil Anda. Namun, jika Anda ingin mengurangi risiko orang asing menemukan informasi profil pengguna Anda di Google, sebaiknya nonaktifkan setelan ini sesegera mungkin.

Metode Kedua: Mengirim Permintaan Pertemanan

Salah satu cara paling mudah untuk melihat profil pribadi seseorang di Facebook adalah dengan mengirim permintaan pertemanan kepada mereka. Secara default, jika permintaan pertemanan Anda diterima, Anda akan dapat melihat akun Facebook pribadi mereka.

Setelah Anda mengirim permintaan, Anda hanya perlu menunggu mereka menerima permintaan tersebut. Setelah itu terjadi, Anda akan dapat melihat informasi dari bagian “Tentang” mereka, cerita mereka, pembaruan status, postingan baru maupun lama, foto yang ditandai, dan masih banyak lagi.

Namun, jika pengguna tidak menerima permintaan pertemanan Anda, tidak banyak yang bisa Anda lakukan. Anda tidak akan dapat melihat profil Facebook mereka tanpa menjadi teman, dan tidak ada cara untuk mengetahui berapa lama Anda harus menunggu hingga pemilik akun merespons permintaan pertemanan Anda. Bahkan, ada kemungkinan mereka mungkin tidak menanggapinya sama sekali, karena Facebook memungkinkan pengguna untuk mengabaikan permintaan pertemanan.

Jika mereka menolak permintaan pertemanan Anda, dan Anda mencurigai alasannya adalah identitas Anda, Anda juga dapat mencoba mengirim permintaan pertemanan dari profil Facebook palsu. Jika Anda tidak ingin mengungkapkan identitas Facebook asli Anda, Anda dapat membuat profil Facebook palsu dan menggunakannya untuk berteman dengan target Anda. Namun, jika cara ini juga gagal, Anda harus mencari solusi lain untuk melihat foto Facebook pribadi dan informasi lain dari profil target Anda.

Strategi sederhana untuk menghindari membiarkan orang asing masuk ke ruang Facebook pribadi Anda adalah dengan tidak pernah menerima permintaan pertemanan dari orang yang tidak Anda kenal. Ini menjadi lebih sulit jika Anda tidak memantau daftar teman Facebook Anda dengan cermat dan memiliki banyak teman di sana.

Orang yang menargetkan akun Anda dapat menggunakan informasi yang ditemukan di akun lain yang terhubung ke akun Anda, seperti akun TikTok atau Instagram, untuk membuat Anda yakin bahwa mereka adalah seseorang yang pernah Anda temui sebelumnya, seperti teman sekolah lama atau kolega dari tempat kerja sebelumnya.

Metode Ketiga: Rekayasa Sosial

Ketika dua metode sebelumnya gagal, langkah ketiga yang dapat diambil pengguna untuk mengakses akun pribadi di Facebook adalah melalui rekayasa sosial. Pengaturan privasi Facebook memiliki celah yang bisa dimanfaatkan – ketika pengguna mengatur mode pribadi, mereka mungkin memilih untuk tidak menjadikannya sepenuhnya pribadi tetapi membatasi akses dari orang-orang di luar lingkaran teman mereka.

Saat melakukannya, mereka mungkin memilih untuk mengizinkan akses ke “teman dari teman”. Ini berarti bahwa jika Anda dan orang yang ditargetkan memiliki teman bersama, Anda akan dapat melihat profil Facebook target, bahkan jika diatur sebagai pribadi.

Memiliki hanya satu teman bersama sudah cukup untuk metode ini berhasil. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mencoba mengirim permintaan pertemanan kepada salah satu teman mereka. Faktor lain yang mungkin menghambat Anda adalah jika pengguna yang ditargetkan telah menyembunyikan daftar teman mereka. Dalam hal ini, Anda dapat mencoba mencari teman-teman mereka di luar Facebook menggunakan platform media sosial lainnya, meskipun hal ini mungkin memakan waktu.

Untuk mengatasi hal ini, langkah pertama yang dapat diambil adalah membatasi daftar teman Anda di Facebook. Untuk melakukannya, buka browser web di komputer Anda dan buka Facebook. Kemudian, ikuti jalur Pengaturan & Privasi > Pengaturan > Privasi > Bagaimana orang dapat menemukan dan menghubungi Anda, lalu pilih opsi yang tepat di sebelah opsi “Siapa yang dapat melihat daftar teman Anda”.

Di aplikasi seluler (iOS dan Android), jalurnya sedikit berbeda: Pengaturan & Privasi > Pengaturan > Pemirsa dan Visibilitas > Cara orang menemukan dan menghubungi Anda > Siapa saja yang dapat melihat daftar teman Anda. Untuk privasi maksimum, pilih opsi “Hanya saya”, sehingga Anda akan menjadi satu-satunya orang yang dapat melihat daftar teman Anda.

Langkah kedua adalah menjadikan semua akun media sosial Anda menjadi pribadi. Ini termasuk Instagram, Snapchat, TikTok, Twitter, LinkedIn, dan platform media sosial lainnya yang mungkin berisi informasi pribadi Anda.

Metode Keempat: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Sayangnya, bahkan setelah Anda mengikuti semua tindakan pencegahan dan menjadikan akun Anda sepenuhnya pribadi di Facebook, orang masih dapat mengakses informasi pribadi Anda menggunakan alat pihak ketiga. Dengan menggunakan spyware dan alat penampil profil Facebook, orang dapat mengakses gambar tersembunyi, info profil, postingan pribadi, dan lainnya. Beberapa aplikasi mata-mata bahkan dapat memberikan akses ke obrolan Messenger Anda.

Namun, kebanyakan aplikasi ini memerlukan instalasi di perangkat Anda (ponsel cerdas atau komputer). Hal ini berarti bahwa kecuali seseorang memiliki akses langsung ke perangkat Anda atau menipu Anda untuk mengunduh dan menginstal aplikasi berbahaya, data pribadi Anda harus aman. Selain itu, sebagian besar aplikasi mata-mata ini memerlukan langganan berbayar, yang dapat menghambat beberapa orang jika yang mereka cari hanyalah beberapa gambar Facebook tersembunyi Anda.

Meskipun tidak ada cara aktif untuk menghentikan ini sepenuhnya, Anda dapat memperkuat keamanan akun Anda dengan menggunakan manajer kata sandi dan pemindai malware. atau Anda dapat mempelajari cara private akun facebook.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top