TikTok

Ukuran Video TikTok Terbaru : Panduan Lengkap

ukuran video tiktok

Di dunia dinamis media sosial, TikTok menonjol sebagai platform yang sangat kuat, menarik lebih dari 1,677 miliar pengguna aktif hingga tahun 2023. Ini bukan hanya jaringan sosial; ini adalah fenomena yang menggabungkan hiburan dengan peluang unik bagi bisnis dan kreator individual untuk memperluas jangkauan dan memperkuat kehadiran merek mereka.

Tersedia di lebih dari 150 pasar dan lebih dari 50 bahasa, format video pendek TikTok, konten yang beragam, dan fitur interaktif telah menjadikannya alat yang tak tergantikan bagi pemasar, pengusaha, dan kreatif.

Mengeluarkan diri di lautan konten yang luas membutuhkan kefasihan teknis, terutama dalam pembuatan video. Kuncinya adalah mengoptimalkan konten Anda sesuai dengan spesifikasi unik TikTok. Video yang tidak dioptimalkan berisiko terpotong atau disesuaikan dengan buruk, yang berpotensi mengurangi dampaknya.

Anda telah datang ke tempat yang tepat jika Anda mencari ukuran dan dimensi video TikTok yang ideal. Panduan ini tidak hanya tentang angka; ini adalah alat lengkap yang dirancang untuk membantu Anda menguasai seni pembuatan video TikTok. Mulai dari dimensi optimal hingga rasio aspek dan tips pengeditan hingga pedoman pengunggahan, kami akan membahas secara mendalam mengenai hal-hal penting dalam memproduksi konten yang sesuai dengan parameter platform dan beresonansi dengan audiens Anda. Mari pastikan posting TikTok Anda selanjutnya tidak hanya dilihat tetapi juga diingat.

Pentingnya Konten Video TikTok: Pertimbangan Kunci untuk Membuat dan Mengunggah Video TikTok Anda

Pertumbuhan yang cepat dan tingkat keterlibatan yang tinggi pada TikTok membuat penting bagi para pembuat konten untuk memahami nuansa teknis dalam pembuatan video di platform tersebut. Menggabungkan ukuran format video TikTok, konten berkualitas, dan tren yang menarik dapat secara signifikan meningkatkan visibilitas dan keterlibatan Anda.

Berikut ini adalah panduan singkat mengenai hal-hal pokok dalam pembuatan video TikTok:

Ukuran Video TikTok

Memahami ukuran video TikTok adalah hal yang penting sebelum Anda mulai membuat konten. Mengetahui parameter-parameter ini memastikan konten Anda pas sempurna di platform tanpa perlu penyesuaian lebih lanjut. Ukuran video TikTok maksimum (batas unggah) untuk pengguna Android adalah 72 MB, sementara pengguna iOS menikmati batas yang lebih tinggi, yaitu 287,6 MB.

Layout Video TikTok

Mengingat dominasi TikTok dalam unduhan aplikasi seluler, tidak mengherankan bahwa tata letak potret mendominasi. Meskipun kedua format potret dan lanskap diterima, video TikTok dalam format potret memberikan pengalaman layar penuh yang lebih mendalam pada ponsel pintar, membuatnya menjadi pilihan yang lebih disukai untuk penyampaian pesan yang efektif.

Dimensi Video TikTok

Mengunggah dengan dimensi video TikTok ideal sebesar 1080×1920 piksel, yang sesuai dengan rasio aspek 9:16, memastikan konten yang tajam dan berkualitas tinggi. Dimensi video TikTok yang tidak cocok dengan angka-angka ini mungkin akan terdistorsi, mengorbankan daya tarik visual mereka. Ada banyak aplikasi pembuatan video yang dilengkapi dengan pengaturan default untuk membantu mengonfigurasi ukuran video TikTok Anda ke rasio aspek optimal untuk platform seperti TikTok.

Format Video TikTok

Format video TikTok yang paling umum adalah MP4 dan MOV. MP4 lebih disukai karena kompatibilitasnya dan ukuran file yang lebih kecil, memudahkan proses unggahan. Meskipun bagus untuk konten berkualitas tinggi, MOV biasanya memerlukan lebih banyak usaha karena ukuran file yang lebih besar.

Panjang Video TikTok

TikTok sekarang memperbolehkan video mulai dari 3 detik hingga 10 menit. Kuncinya adalah menemukan titik temu antara penceritaan yang menarik dan konten yang ringkas. Pertimbangkan untuk memecah video menjadi segmen-segmen kecil untuk narasi yang lebih panjang agar lebih mudah dikonsumsi.

Frame Rate Video TikTok

Detail yang sering terlupakan adalah frame rate TikTok. TikTok mendukung frame rate antara 30 FPS dan 60 FPS. Meskipun frame rate yang lebih tinggi memastikan pemutaran yang lebih lancar, namun juga meningkatkan ukuran video TikTok, yang mungkin memengaruhi waktu unggahan.

Spesifikasi Iklan Video TikTok: Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan Saat Beriklan

TikTok telah meluas jangkauannya dari sekadar menjadi platform hiburan semata. Sekarang, itu merupakan alat penting bagi bisnis, menawarkan fitur-fitur seperti iklan, tantangan hashtag bermerk, dan belanja di dalam aplikasi. Dengan basis pengguna yang beragam dan besar, TikTok menawarkan kesempatan unik bagi bisnis/ merek untuk terhubung dan beriklan kepada konsumen melalui TikTok Ads.

Iklan Video di Feed

Iklan video TikTok di feed muncul di aliran ‘For You’ pengguna, sebuah aliran berbasis algoritma yang menampilkan video yang ditargetkan pada minat mereka. Iklan ini dapat mencakup kreatif video, gambar tampilan iklan, nama merek atau aplikasi, deskripsi iklan, dan tombol panggilan tindakan (CTA).

Spesifikasi untuk Iklan Video TikTok di feed:

  • Rasio Aspek: Rasio yang direkomendasikan adalah 9:16, 1:1, atau 16:9, dengan 9:16 sebagai pengalaman paling alami.
  • Resolusi Video: Resolusi minimum harus 540x960px, 640x640px, atau 960x540px.
  • Jenis Berkas: Format yang diterima meliputi .mp4, .mov, .mpeg, .3gp, atau .avi.
  • Panjang Video: Video harus antara 5 hingga 60 detik, dengan 9 hingga 15 detik yang optimal untuk keterlibatan.
  • Ukuran Berkas: Ukuran file maksimum adalah 500MB.
  • Deskripsi Iklan: Dukungan untuk 1 hingga 100 karakter alfabet Latin, tidak termasuk emoji dan karakter khusus seperti “{ }” atau “#”.
  • Nama Merek/Aplikasi: 2-20 karakter bahasa Inggris diizinkan untuk nama merek. Untuk nama aplikasi, rentangnya adalah 4-40 karakter.

Iklan Video TikTok Topview

Iklan video TikTok Topview menawarkan pengalaman menonton yang mendalam, dengan durasi hingga 60 detik. Mereka muncul di bagian atas halaman ‘For You’, memberikan visibilitas tinggi.

Spesifikasi untuk Iklan Video TikTok Topview:

  • Rasio Aspek: 9:16.
  • Panjang Video: Panjang maksimum adalah 60 detik.
  • Jenis Berkas: Format yang didukung adalah .mp4, .mov, .mpeg, .3gp, atau .avi.
  • Ukuran Berkas: Ukuran file maksimum adalah 500 MB.

Iklan Brand Takeover

Iklan Penguasaan Merek adalah video TikTok singkat yang diputar secara langsung ketika seorang pengguna TikTok membuka aplikasi, menarik perhatian secara langsung.

Spesifikasi untuk Iklan Brand Takeover:

  • Rasio Aspek: 9:16.
  • Panjang Video: Panjang maksimum adalah 5 detik.
  • Jenis Berkas: Format meliputi .mp4, .mov, .mpeg, .3gp, atau .avi.
  • Ukuran Berkas: Ukuran file maksimum adalah 500 MB.

Branded Hashtag Challenge

Format iklan ini memanfaatkan partisipasi pengguna dalam sebuah tantangan bermerk, mempromosikan keterlibatan yang tinggi.

Spesifikasi untuk Branded Hashtag Challeng:

  • Rasio Aspek: 9:16.
  • Panjang Video: Hingga 60 detik.
  • Jenis Berkas: Format yang didukung meliputi .mp4, .mov, .mpeg, .3gp, atau .avi.
  • Ukuran Berkas: Ukuran file maksimum adalah 500 MB.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang spesifikasi iklan TikTok dari artikel bantuan resmi mereka tentang Spesifikasi Iklan Video TikTok.

Video TikTok: Tips untuk Optimasi Video

Membuat konten TikTok yang dapat beresonansi dengan audiens Anda sambil memastikan efisiensi teknis adalah kunci kesuksesan di TikTok. Berikut beberapa strategi kunci:

Ajak Penonton Menonton Video Sampai Selesai

  • Gunakan cuplikan dan pengungkapan untuk menjaga minat penonton hingga akhir video.
  • Susun video dengan teks di awal yang memberikan petunjuk tentang apa yang akan terjadi.
  • Jangan membocorkan informasi penting di awal video.
  • Ajukan pertanyaan kepada penonton untuk mengaktifkan interaksi.
  • Bangun komunitas di dalam audiens TikTok Anda.
  • Gunakan lagu-lagu yang memiliki plot twist jelas dan tambahkan sentuhan kreatif Anda sendiri.

Pahami Audiens dan Niat Pencarian Mereka

Sesuaikan konten video TikTok Anda dengan minat dan kebutuhan audiens target Anda. Baik Anda merupakan merek atau kreator individual, memahami apa yang dicari oleh audiens Anda di TikTok penting untuk menciptakan konten yang beresonansi dan menarik perhatian.

Manfaatkan Hashtag dan Kata Kunci yang Relevan

Gunakan hashtag dan kata kunci yang relevan dalam caption dan teks di layar Anda. Strategi ini membantu algoritma TikTok mengkategorikan konten Anda dengan benar, meningkatkan visibilitasnya bagi pengguna yang tertarik.

Optimalkan Penyiapan Perekaman Anda

Pastikan lingkungan perekaman yang stabil. Gunakan alat untuk meminimalkan getaran saat merekam di tempat, dan memiliki penyiapan yang stabil untuk perekaman di rumah. Stabilitas dalam penyiapan perekaman video Anda meningkatkan kualitas konten Anda, membuatnya lebih menarik bagi penonton.

Patuhi Spesifikasi Video Pilihan TikTok

Rekam dalam mode potret untuk sesuai dengan format yang disukai oleh TikTok. Pertahankan video TikTok Anda dalam batas 60 detik untuk mempertahankan keterlibatan. Gunakan visual yang jelas dan sederhana serta panggilan tindakan yang menarik untuk menarik dan mempertahankan perhatian penonton.

Sertakan Suara yang Populer

Pilih musik yang tren dan sesuai dengan video Anda. Suara yang tepat dapat signifikan meningkatkan jangkauan dan keterlibatan video Anda, karena pengguna TikTok sering menemukan konten melalui tren audio.

Kesimpulan

Panduan komprehensif kami telah membawa Anda melalui elemen penting dalam pembuatan video TikTok, mulai dari memahami ukuran video TikTok yang krusial hingga mengoptimalkan dimensi, format, dan frame rate. Dengan pengetahuan teknis ini, Anda kini dapat dengan percaya diri menghasilkan konten yang tidak hanya sesuai dengan parameter TikTok namun juga memikat audiens Anda. Berikut adalah poin penting yang bisa Anda ambil:

  1. Aspek Ketepatan Teknis: Aspek teknis dalam pembuatan video, seperti ukuran, tata letak, dimensi, format, panjang, dan frame rate video TikTok, memainkan peran krusial dalam memastikan konten Anda menonjol tanpa mengorbankan kualitas.
  2. Beriklan di TikTok: Bagi bisnis, TikTok menawarkan beragam opsi periklanan, masing-masing dengan spesifikasi tertentu. Mulai dari Iklan Video di Aliran hingga Iklan Topview dan Tantangan Hashtag Bermerk, memahami nuansa dari setiap format tersebut penting untuk kampanye yang sukses.
  3. Strategi Optimisasi: Untuk memaksimalkan dampak Anda di TikTok, sesuaikan konten Anda dengan minat audiens, manfaatkan hashtag yang relevan, optimalkan penyiapan perekaman Anda, dan sertakan suara yang populer untuk meningkatkan keterlibatan.

Saat Anda memulai perjalanan pembuatan video TikTok Anda, ingatlah bahwa tetap terinformasi tentang pembaruan dan tren platform sama pentingnya dengan menguasai teknisnya. Lanskap TikTok yang selalu berkembang menawarkan kemungkinan tak terbatas untuk kreativitas dan koneksi, dan dengan tetap selaras dengan aspek artistik dan teknis, Anda memposisikan diri Anda untuk sukses dalam dunia yang bersemangat dari pembuatan konten TikTok.

Jadi, maju, ciptakan, inovasikan, dan biarkan suara unik Anda bergema di komunitas global TikTok. Perjalanan Anda menuju ketenaran TikTok dimulai dengan video yang sempurna – dan sekarang Anda memiliki pengetahuan untuk mewujudkannya. Selamat berkarya!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top