Finance

Panduan Lengkap: Cara Top Up Saldo e-Toll Melalui HP

Penggunaan e-Toll telah menjadi salah satu solusi utama dalam membayar tol bagi pengemudi di berbagai negara, memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan efisien. Dengan perkembangan teknologi, kini top up saldo e-Toll dapat dilakukan dengan mudah melalui HP. Artikel ini akan membahas secara rinci tentang cara top up saldo e-Toll melalui HP, serta manfaat dan tips terkait transaksi ini.

Mengapa Top Up Saldo e-Toll Melalui HP?

Top up saldo e-Toll melalui HP memberikan kemudahan aksesibilitas yang tidak dapat diabaikan. Dengan menggunakan HP, pengguna dapat melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu mengunjungi lokasi fisik atau mesin top up khusus.

Selain itu, fleksibilitas dalam melakukan transaksi juga menjadi keunggulan utama. Pengguna dapat memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka, mulai dari kartu kredit/debit hingga transfer bank atau dompet digital. Tentu saja, keamanan dan efisiensi tetap menjadi fokus utama dalam setiap transaksi yang dilakukan melalui HP.

Persiapan Sebelum Top Up Saldo e-Toll Melalui HP

Sebelum Anda mulai melakukan top up saldo e-Toll melalui HP, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar proses transaksi berjalan lancar. Berikut adalah langkah-langkah persiapannya:

1. Pastikan HP Anda memiliki fitur NFC

Cek spesifikasi teknis HP Anda. Anda dapat menemukan informasi ini di situs web resmi produsen HP atau pada dokumen manual pengguna. Periksa apakah HP Anda mendukung teknologi atau fitur yang diperlukan untuk menyimpan, mengelola, dan/atau menampilkan NF.

Selain itu fitur NFC ini pun dapat dilakukan pengecekan dengan menggunakan aplikasi. Untuk memeriksa apakah HP Anda mendukung fitur NFC (Near Field Communication) menggunakan aplikasi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh Aplikasi Pemeriksa NFC: Cari dan unduh aplikasi pemeriksa NFC dari toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store untuk perangkat Android atau App Store untuk perangkat iOS. Beberapa aplikasi yang populer untuk memeriksa fitur NFC adalah “NFC Check” atau “NFC Tools“.
  2. Buka Aplikasi: Setelah Anda mengunduh aplikasi pemeriksa NFC, buka aplikasi tersebut di HP Anda.Cara Top Up Saldo e-Toll Melalui HP - buka nfc check
  3. Lakukan Pemeriksaan: Di dalam aplikasi, biasanya akan ada opsi untuk memeriksa apakah perangkat Anda mendukung fitur NFC. Ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi untuk melakukan pemeriksaan.
  4. Hasil Pemeriksaan: Setelah proses pemeriksaan selesai, aplikasi akan memberikan informasi tentang apakah perangkat Anda mendukung NFC atau tidak. Jika HP Anda mendukung NFC, biasanya akan muncul pesan yang mengonfirmasi kemampuan perangkat Anda untuk menggunakan fitur tersebut.Cara Top Up Saldo e-Toll Melalui HP - nfc enable

Dengan menggunakan aplikasi pemeriksa NFC, Anda dapat dengan mudah memeriksa apakah HP Anda memiliki fitur NFC atau tidak. Jika HP Anda tidak mendukung NFC, Anda mungkin tidak akan melihat opsi atau hasil yang menunjukkan keberadaan fitur NFC pada perangkat Anda.

2. Kartu e-Toll

E-Toll merupakan suatu peranti elektronik yang diperlukan dalam melakukan transaksi pembayaran tanpa menggunakan uang tunai. Berdasarkan arahan dari Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), kartu ini wajib digunakan pada saat melewati jalan tol di wilayah Indonesia.

Penting untuk diingat bahwa E-Toll harus memiliki saldo uang elektronik yang mencukupi sesuai dengan jarak tempuh perjalanan yang akan dilakukan. Proses pembayaran tol dilakukan dengan cara menempelkan kartu pada Gerbang Tol Otomatis.

Jenis-jenis Kartu e-Toll dari Berbagai Bank

  1. e-Money, e-Money merupakan kartu e-Toll yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri. Layanan ini tersedia bagi seluruh individu, baik yang merupakan nasabah maupun bukan nasabah Bank Mandiri. Sesuai informasi yang disampaikan melalui situs resmi Bank Mandiri, saldo dalam kartu e-Money dapat diisi ulang melalui berbagai saluran yang disediakan oleh Bank Mandiri, termasuk kerja sama dengan sejumlah pedagang yang telah bermitra dengan bank ini.
  2. Flazz, Flazz adalah sebuah kartu elektronik yang diterbitkan oleh Bank Central Asia (BCA). Menurut informasi yang tercantum pada situs resmi BCA, kartu ini mencatat detail transaksi dengan cermat, serta memfasilitasi proses penanganan uang tunai dan pelaporan transaksi bagi para pedagang.
  3. BNI TapCash, Kartu elektronik yang ditawarkan oleh Bank BNI dikenal sebagai BNI TapCash. Menurut informasi yang disajikan oleh situs resmi Bank BNI, baik nasabah maupun non-nasabah BNI memiliki kesempatan untuk memperoleh kartu TapCash ini. Kartu tersebut dapat diperoleh di Kantor Cabang Bank BNI, melalui mitra kerjasama TapCash seperti CGV dan ASDP, di berbagai minimarket, platform e-commerce, serta mesin penjual otomatis yang tersedia di shelter busway TransJakarta dan Stasiun Commuterline.
  4. BRIZZI, Brizzi adalah sebuah jenis kartu elektronik yang diterbitkan oleh Bank BRI. Kartu ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai transaksi non-tunai, seperti pembayaran di berbagai merchant yang bekerja sama dengan Bank BRI, pembelian tiket transportasi umum, dan masih banyak lagi. Brizzi juga dapat digunakan untuk mengakses layanan perbankan digital yang disediakan oleh Bank BRI, seperti transfer saldo, pembayaran tagihan, dan cek saldo.
  5. BTN Blink, BTN Blink merupakan sistem pembayaran yang disediakan oleh Bank BTN untuk transportasi, restoran, tempat rekreasi, dan layanan lainnya, dengan menggunakan kartu berlogo E-Money. Menurut informasi yang tertera pada situs resmi Bank BTN, para nasabah dapat memperoleh kartu BTN Blink ini melalui Kantor Cabang Bank BTN atau mitra-mitra yang telah bekerja sama dengan bank tersebut.
  6. JakCard, Jakcard adalah kartu elektronik dari Bank DKI, sebuah kartu pintar (smart card) yang digunakan untuk membayar biaya transportasi umum di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta dan sekitarnya. Kartu ini dapat diisi ulang (top-up) dengan saldo dan digunakan untuk membayar tarif perjalanan menggunakan moda transportasi publik, seperti bus Transjakarta, MRT, LRT, dan KRL. Selain itu, Jackcard juga dapat digunakan untuk pembayaran di sejumlah merchant yang telah bekerja sama dengan sistem pembayaran yang terkait.

3. Mobile Banking

Untuk dapat melakukan isi saldo e-Toll melalui HP, Anda perlu masuk ke aplikasi mobile banking yang mendukung transaksi Top Up Saldo e-Toll sesuai kartu yang dimiliki, kemudian pilih menu atau fitur yang berkaitan dengan pembayaran atau pengisian saldo.

Cara Cek Saldo e-Toll

Untuk mengecek saldo kartu e-Toll, Anda dapat menggunakan beberapa cara, namun kali ini titntabiru.com akan membahas cara cek saldo e-Toll menggunakan aplikasi.  Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh dan instal aplikasi ceksaldo;Cara Top Up Saldo e-Toll Melalui HP - instal ceksaldo
  2. Kemudian aktifkan fitur NFCCara Top Up Saldo e-Toll Melalui HP - aktifkan fitur nfc
  3. Tempelkan kartu padaa HP, pada beberapa jenis HP memiliki perbedaan lokasi penempelan kartu. Silahkan coba pada bagian belakang atau pada bagian depan. Pada metode ini kartu ditempelkan pada bagian depan HP.Cara Top Up Saldo e-Toll Melalui HP - tempelkan kartu
  4. Aplikasi akan menunjukan saldo jika pemasangan aplikasi sudah berhasil.Cara Top Up Saldo e-Toll Melalui HP - saldo e-toll

Top Up Saldo e-Toll Melalui Handphone

Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti isi saldo kartu e-Toll, dalam hal ini kami contohkan  menggunakan aplikasi BSI Mobile:

  • Buka aplikasi BSI Mobile;
  • Masukan password aplikasi BSI Mobile;
  • Pilih menu Top Up “eWallet” atau “Beli”;Cara Top Up Saldo e-Toll Melalui HP - pembelian e-Money
  • Lalu pilih e-money;
  • Pilih Top Up Saldo;
  • Input nomor kartu e-money, lalu tap Selanjutnya;Cara Top Up Saldo e-Toll Melalui HP - input nomor e-money
  • Pilih nominal Top Up yang diinginkan;
  • Masukan PIN BSI Mobile Tap Selanjutnya;masukan pin
  • Periksa ulang nomor kartu dan nominal, apakah sudah benar, jika ya tap Selanjutnya
  • Apabila transaksi berhasil maka akan muncul struk bukti top up e-money Mandiri di aplikasi BSI Mobile;topup berhasil
  • Tap OK;
  • Untuk update saldo, masuk kembali ke menu Pembelian;
  • Pilih e-Money;
  • Tap Update Saldo;
  • Tempelkan kartu pada HP untuk udate saldo;tempel update saldo e-money
  • Jika proses berhasil akan ada penambahan saldo pada kartu;update saldo e-money berhasil

Dengan mengikuti Cara Top Up Saldo e-Toll Melalui HP telah diuraikan di atas, Anda akan dapat dengan lancar melakukan pengisian saldo e-Toll melalui perangkat seluler Anda. Cara ini akan memungkinkan Anda untuk menghindari antrian yang panjang dan menjadikan perjalanan Anda di jalan tol menjadi lebih lancar. Penting untuk diingat untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan prosedur pembayaran tol yang berlaku.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top