Android

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop & HP

Pemanfaatan laptop dan ponsel telah menjadi tak terpisahkan dalam kegiatan sehari-hari manusia, terutama di era percepatan digitalisasi saat ini. Baik untuk pekerjaan maupun penyimpanan data, keduanya memiliki peran yang sangat vital. Namun, apa yang akan Anda lakukan jika tiba-tiba data penting Anda hilang atau terhapus? Jangan khawatir, karena ada beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di laptop.

Kehilangan data penting dalam laptop adalah suatu kejadian yang tentunya sangat menjengkelkan. Dalam konteks tersebut, Tintabiru.com ingin membagikan beberapa cara untuk mengembalikan data yang terhapus di laptop dan Android. Mari kita simak bersama!

Cara mengembalikan data yang terhapus di laptop

Sebagai alat yang praktis dan portabel, laptop memegang peran penting bagi mereka yang membutuhkan mobilitas dan fleksibilitas dalam pekerjaan. Semua jenis data penting seringkali disimpan di dalam laptop. Namun, terkadang berbagai faktor dapat menyebabkan data tersebut hilang secara tiba-tiba.

Ketika hal ini terjadi, tentu saja, kepanikan mungkin akan muncul, dengan harapan agar data yang hilang bisa dikembalikan.

Dalam upaya untuk mengatasi situasi tersebut, berikut beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengembalikan data yang terhapus dari laptop dengan mudah.

1. Melalui Recycle Bin

Ketika sebuah file dihapus dari komputer, biasanya tidak hilang secara langsung, melainkan dipindahkan ke Recycle Bin untuk sementara waktu sekitar 30 hari. Namun, terdapat situasi di mana file tersebut dapat dihapus secara permanen dengan cepat.

Jika Anda baru saja menghapus file tetapi ingin memulihkannya, saya sarankan untuk memeriksa Recycle Bin di komputer Anda. Biasanya, Anda dapat menemukan Recycle Bin di layar utama dengan mudah.

Untuk memulihkan file yang telah dihapus melalui Recycle Bin, harap ikuti langkah-langkah berikut dengan seksama:

  1. Silakan masuk ke dalam Recycle Bin.
  2. Jika Anda tidak dapat menemukan Recycle Bin di layar utama, mohon untuk mencoba masuk ke menu Start dan mengetikkan “Recycle Bin” di kolom pencarian.
  3. Agar lebih mudah diakses, klik kanan pada ikon Recycle Bin, kemudian pilih opsi ‘Send to’ dan pilih ‘Desktop (create shortcut)’. Dengan demikian, ikon Recycle Bin akan muncul di layar utama.
  4. Setelah berhasil masuk ke Recycle Bin, silakan cari file yang ingin Anda pulihkan.
  5. Klik kanan pada file tersebut, lalu pilih opsi ‘Restore‘.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, file yang telah dipulihkan seharusnya akan kembali ke lokasi semula, yaitu tempat penyimpanan sebelum file tersebut terhapus.

2. Menggunakan Command Prompt (CMD)

Command Prompt, juga dikenal sebagai cmd.exe atau cmd, merupakan penerjemah baris perintah standar untuk sistem komputer. Melalui Command Prompt, beragam perintah dapat dijalankan dengan menggunakan sintaks yang sesuai, termasuk di antaranya adalah proses pemulihan file yang telah terhapus.

Untuk melakukan pemulihan file yang terhapus menggunakan Command Prompt, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Temukan aplikasi Command Prompt.
    • Anda dapat menemukannya di menu Start dengan melakukan pencarian ‘cmd’.
    • Alternatifnya, tekan tombol Windows atau kombinasi tombol Start + R pada keyboard, lalu ketik ‘cmd’ di kolom Run yang muncul.
  2. Klik kanan pada Command Prompt, dan pilih opsi ‘Run as administrator’ untuk membuka aplikasi dengan hak akses yang diperlukan.
  3. Setelah masuk ke Command Prompt, ketikkan perintah berikut: chkdsk X: /f
    • Pastikan untuk mengganti ‘X’ dengan nama disk tempat file yang terhapus sebelumnya tersimpan.
  4. Selanjutnya, ketikkan perintah: ATTRIB -H -R -S /S /D X:.
    • Sekali lagi, pastikan untuk mengganti ‘X’ dengan nama disk yang relevan.

Setelah menekan tombol Enter, proses pemulihan file yang terhapus akan dimulai. Selama proses ini berlangsung, hindari untuk menyimpan, menghapus, atau memindahkan file apa pun di dalam komputer.

3. Menggunakan File HIstory (Windows 10)

Dalam sistem operasi Windows 10, terdapat sebuah fitur yang dikenal sebagai File History. Pada masa sebelumnya, fitur ini dikenal dengan nama Backup and Restore di sistem operasi Windows 7 dan Windows 8. Fitur ini bermanfaat untuk memulihkan file yang telah terhapus sebelumnya.

Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengembalikan file yang telah terhapus menggunakan fitur File History:

  1. Buka menu ‘Settings’.
  2. Menu ini umumnya dapat ditemukan di dalam menu ‘Start’, seringkali diidentifikasi dengan ikon berbentuk gir.
  3. Pilih opsi ‘Update & Security’.
  4. Setelah itu, pilih opsi ‘Backup’.
  5. Setelah langkah tersebut, Anda akan disuguhkan dengan jendela yang berjudul ‘Back up using File History’. Pilih opsi ‘Add a drive’.
  6. Setelah melakukan pemilihan dengan mengklik ‘Add a drive’, Anda akan melihat daftar partisi disk dan perangkat penyimpanan eksternal yang tersedia. Pilih partisi atau perangkat penyimpanan eksternal di mana file yang ingin dikembalikan sebelumnya telah tersimpan.

Dengan demikian, seluruh file yang terdapat di dalam partisi atau perangkat penyimpanan tersebut akan secara otomatis dibackup. Untuk mengembalikan file yang telah terhapus, Anda hanya perlu mengeklik opsi ‘Restore’.

4. Menggunakan Fitur Restore Previous Versions

Jika berkas yang telah dihapus tidak terdapat di dalam Recycle Bin, Anda tidak perlu khawatir karena masih ada cara untuk mengembalikannya melalui fungsi ‘Restore previous versions’. Pastikan bahwa tindakan penghapusan berkas baru saja dilakukan dan komputer belum dimatikan sejak kejadian tersebut.

Silakan ikuti petunjuk di bawah ini untuk memulihkan file yang telah dihapus menggunakan fitur Restore Previous Versions:

  1. Silakan temukan folder tempat file tersebut disimpan sebelumnya.
  2. Klik kanan pada folder tersebut.
  3. Alternatifnya, Anda dapat membuka folder tersebut dan klik kanan pada area yang tidak terisi.
  4. Dari opsi yang muncul, pilih ‘Restore previous versions’.
  5. Sebuah jendela akan muncul dengan daftar versi sebelumnya, pilih versi di mana file tersebut masih tersedia.

Cara mengembalikan data yang terhapus di Android

Apabila Anda sudah familiar dengan prosedur pemulihan data yang terhapus pada perangkat laptop, akan terasa kurang lengkap apabila tidak memahami langkah-langkah yang sama untuk pemulihan data pada perangkat Android.

Terutama di Indonesia, penggunaan smartphone berbasis Android sangatlah meluas.

Berbeda dengan perangkat laptop, smartphone memiliki keterbatasan dalam kapasitas penyimpanan memori.

Oleh karena itu, risiko kehilangan data pada perangkat ini juga lebih besar, terutama bagi pengguna yang sering mengakses situs-situs yang rentan terhadap virus.

Apabila data pada perangkat Android Anda sudah terhapus, terdapat beberapa metode yang dapat Anda lakukan. Mari kita coba salah satunya seperti yang dijabarkan di bawah ini!

1. Aplikasi Dumpster

DumpsterAplikasi Dumpster memiliki fungsi serupa dengan fitur recycle bin yang umumnya ditemukan dalam perangkat komputer. Kemudahannya dalam penggunaan membuatnya menjadi pilihan yang nyaman, tanpa perlu melakukan proses rooting, yang merupakan prasyarat dalam menginstal perangkat lunak yang biasanya tidak diizinkan oleh pengaturan bawaan perangkat. Unduh aplikasinya disisni.

2. Aplikasi DigDeep Image Recovery

DigDeep Image Recovery

Aplikasi DigDeep Image Recovery disajikan bagi Anda yang berminat mengembalikan data gambar yang telah terhapus. Penggunaannya praktis dan tidak memerlukan waktu yang lama. Setelah proses instalasi selesai, Anda dapat langsung memanfaatkannya.

Dengan mengaktifkan aplikasi ini, secara otomatis akan melakukan pemindaian pada perangkat Anda. Hasilnya, aplikasi akan menampilkan gambar-gambar yang sebelumnya terhapus dari sistem Android Anda. Unduh aplikasinya disini.

3. Aplikasi Undeleter Recover Files and Data

undelete recover

Tidak hanya mampu memulihkan data yang telah hilang dalam bentuk foto, aplikasi Undeleter Recover Files and Data juga memiliki kemampuan untuk mengembalikan data dalam bentuk lagu dan video. Keunggulan lainnya dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk melakukan pemulihan data baik dari memori eksternal maupun internal. Unduh aplikasinya disini.

Kesimpulan:

Pemanfaatan laptop dan ponsel telah menjadi hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama di era digitalisasi saat ini. Keduanya memiliki peran vital dalam pekerjaan dan penyimpanan data.

Namun, kehilangan data penting bisa menjadi masalah. Artikel ini memberikan beberapa cara untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop dan perangkat Android.

Untuk laptop, langkah-langkah melalui Recycle Bin, Command Prompt (CMD), File History (Windows 10), dan fitur Restore Previous Versions dijelaskan secara rinci.

Sedangkan aplikasi untuk perangkat Android, aplikasi Dumpster, DigDeep Image Recovery, dan Undeleter Recover Files and Data disarankan sebagai solusi untuk memulihkan data yang hilang.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan tentang beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengembalikan data yang terhapus baik di laptop maupun perangkat Android.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top