Android

5 Aplikasi Kompres Ukuran Foto untuk Pengguna Android

Mengurangi ukuran foto atau yang biasa dikenal sebagai kompres foto, telah menjadi keterampilan penting dalam era digital saat ini. Kondisi ini dipicu oleh banyaknya kebutuhan administrasi daring yang mengharuskan pengguna untuk mengunggah gambar dengan ukuran yang spesifik.

Jika ukuran gambar terlalu besar, pengguna mungkin tidak dapat mengunggahnya sesuai dengan persyaratan administrasi daring. Jadi, bagaimana caranya melakukan kompresi foto? Sebenarnya, proses ini cukup sederhana.

Apa Itu Kompres Foto?

Kompres foto artinya proses mengurangi ukuran file gambar digital tanpa mengorbankan kualitas visual gambar secara signifikan. Tujuannya adalah untuk mengurangi ruang penyimpanan yang dibutuhkan oleh gambar tersebut, sehingga memungkinkan untuk lebih efisien dalam penggunaan ruang penyimpanan dan mempercepat proses pengiriman atau pemuatan gambar di berbagai platform digital.

Proses kompresi foto dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengurangi resolusi gambar, mengoptimalkan tingkat kompresi, atau menggunakan format file gambar yang lebih efisien. Dengan demikian, kompresi foto memungkinkan pengguna untuk mengurangi ukuran file gambar tanpa mengorbankan kualitas visualnya, yang sangat berguna dalam situasi di mana ruang penyimpanan atau bandwidth terbatas.

Untuk melakukan kompresi foto, ada beberapa pilihan aplikasi kompres ukuran foto yang dapat dipertimbangkan. Apa saja aplikasi tersebut? Mari kita jelajahi daftarnya beserta panduan penggunaannya.

1. Photo & Picture Resizer

Photo Picture Resizer

Ingin mencoba aplikasi kompres foto yang praktis? Cobalah Photo & Picture Resizer! Dikenal luas di Google Play Store dengan lebih dari 10 juta unduhan, aplikasi ini memberikan kemudahan dalam memperkecil ukuran resolusi foto, membantu menghemat ruang penyimpanan ponsel Anda.

Menggunakan Photo & Picture Resizer pun tak sulit. Setelah masuk ke aplikasi, pilih “Pilih Foto” untuk mulai mengompres dan meresize foto yang sudah ada.

Berikutnya, tentukan foto yang ingin diubah ukurannya, lalu pilih “Ubah Ukuran Gambar”. Aplikasi ini menawarkan berbagai metode untuk meresize foto Anda.

Anda dapat mengurangi ukuran foto berdasarkan persentase, mengubah dimensinya dengan menentukan lebar dan tinggi, atau memilih opsi berdasarkan ukuran file, mulai dari 100 kB hingga 2 MB.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda menyesuaikan ukuran foto untuk keperluan unggahan di Instagram atau pencetakan fisik, dengan satuan ukuran mm, cm, dan inci. Dari beragam pilihan tersebut, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain berfungsi untuk mengompres dan meresize, Photo & Picture Resizer juga dilengkapi dengan fitur pengeditan foto dasar, seperti memutar dan memotong foto.

Setelah selesai, Anda dapat menyimpan foto ke galeri atau langsung membagikannya melalui bluetooth, email, atau media sosial. Dengan begitu, proses kompres foto pun menjadi lebih mudah dan praktis!

2. Photo Compress and Resizer

Photo Compress and Resizer

Jika Anda mencari cara untuk mengurangi ukuran foto tanpa ribet, jangan lewatkan untuk mencoba aplikasi Photo Compress and Resizer ini. Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mengompres foto dan menyesuaikan ukuran serta resolusinya sesuai kebutuhan Anda.

Proses mengompres foto melalui aplikasi ini sangatlah sederhana. Setelah Anda membuka aplikasi, cukup pilih menu “Compress Photos”.

Selanjutnya, tinggal pilih foto yang ingin Anda kompres, dan klik “Next”.

Aplikasi ini akan menawarkan dua opsi kompresi foto, yaitu “Auto” atau “Compressed to the specified size”.

Jika Anda memilih “Auto”, aplikasi akan secara otomatis menyesuaikan ukuran foto Anda.

Sedangkan jika Anda memilih “Compressed to the specified size”, Anda dapat menentukan ukuran file yang diinginkan.

Foto yang telah dikompres akan secara otomatis tersimpan di galeri ponsel Anda.

Keunikan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengompres beberapa foto sekaligus, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengompres satu per satu.

Selain fitur kompresi foto, aplikasi ini juga menyediakan beragam fitur lainnya, seperti Resize Photos, Crop Photo, Convert Photo, Rotate Photo, dan Color Picker untuk menghilangkan satu warna pada foto. Dengan begitu, Anda bisa mengedit foto Anda dengan lebih lengkap dan praktis menggunakan satu aplikasi saja.

3. Puma Image Compressor, Resizer

Puma Image Compressor

Dapatkan rekomendasi unggul dari Puma Image Compressor, Resizer – aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengompres foto dengan mudah dan cepat sesuai preferensi Anda.

Puma tidak hanya menawarkan kemampuan untuk mengompres foto secara otomatis, tetapi juga memberikan Anda kendali penuh dengan memungkinkan kompresi berdasarkan resolusi dan ukuran yang Anda tentukan sendiri.

Fitur menarik lainnya adalah opsi untuk langsung mengganti foto asli dengan versi yang telah dikompres, memberikan kenyamanan bagi Anda yang ingin menghemat ruang penyimpanan ponsel dengan cepat.

Tidak hanya itu, Puma juga dilengkapi dengan fitur “Mode Batch” yang memungkinkan Anda untuk mengompres beberapa foto sekaligus, menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi proses kompresi.

Proses penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah. Cukup masuk ke aplikasi, pilih foto yang ingin Anda kompres, lalu pilih salah satu dari empat mode kompresi yang tersedia. Kemudian, ikuti langkah-langkahnya sampai foto Anda berhasil dikompres.

Anda dapat menyimpan foto tersebut ke galeri dengan mudah melalui opsi “Simpan”, atau mengganti foto asli dengan versi yang sudah dikompres melalui opsi “Ganti”.

Selain itu, Anda juga dapat dengan cepat membagikan foto tersebut melalui email atau media sosial, menjadikan pengalaman berbagi foto Anda lebih menyenangkan dan efisien.

4. Compress image size in kb & mb

Compress image size in kb

Berikutnya, hadir aplikasi terbaru untuk mereduksi ukuran foto yang patut untuk dijajal: Compress Image Size in KB & MB.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali, menawarkan kemampuan untuk mengurangi ukuran foto dalam satuan KB maupun MB dengan mudah.

Dengan antarmuka yang sederhana dan praktis, pengguna dapat dengan cepat mengompresi foto mereka. Cukup buka aplikasi, pilih opsi “Pilih Foto”, dan ambil foto yang ingin dikompresi.

Selanjutnya, pengguna dapat menyesuaikan kompresi sesuai keinginan dengan menentukan ukuran file dalam KB atau MB. Misalnya, cukup tulis “100 KB” atau “1,5 MB”.

Setelah itu, klik tombol “Kompres” dan tunggu sebentar. Foto akan dikompresi dengan cepat, dan versi yang lebih kecil akan disimpan otomatis di galeri foto ponsel.

Aplikasi ini mendukung penyimpanan foto dalam format JPG/JPEG, memastikan kompatibilitas dengan sebagian besar perangkat dan platform.

Selain itu, pengguna juga dapat dengan mudah membagikan foto terkompresi langsung melalui berbagai media sosial populer seperti Instagram, Twitter, LinkedIn, TikTok, WhatsApp, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, pengguna dapat berbagi foto dengan cepat tanpa khawatir akan ukuran file yang besar.

5. Image Size – Photo Resize

image size - photo resizer

Applikasi Image Size – Photo Resizer dari Codenia merupakan pilihan terbaik untuk kamu yang membutuhkan alat praktis untuk mengompres foto.

Dengan lebih dari 5 juta unduhan dan rating 4.7/5.0 di Google Play Store, Image Size – Photo Resizer telah menjadi favorit banyak pengguna.

Proses mengompres foto dengan aplikasi ini sangatlah mudah. Cukup buka aplikasi, pilih foto dari galeri HP-mu, dan aplikasi akan mengompresnya secara otomatis.

Namun, kelebihan utama dari Image Size – Photo Resizer adalah kemampuannya untuk memberikan kontrol yang lebih besar kepada pengguna. Selain ukuran standar, kamu juga dapat menyesuaikan ukuran piksel, milimeter, centimeter, atau inci sesuai keinginanmu.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pengeditan foto dasar yang sangat berguna. Mulai dari mengubah latar belakang, menerapkan filter, hingga mengatur kontras dan kecerahan, semuanya bisa dilakukan dengan mudah di dalam aplikasi ini.

Dan yang terbaik dari semua fitur ini? Mereka semua bisa dinikmati secara gratis! Meskipun demikian, beberapa iklan mungkin akan muncul di antarmuka pengguna. Jika kamu menginginkan pengalaman tanpa iklan, kamu bisa mempertimbangkan untuk berlangganan versi premium.

Jadi, jika kamu membutuhkan alat yang sederhana namun kuat untuk mengompres dan mengedit foto, Image Size – Photo Resizer adalah pilihan yang tepat untukmu!

Demikianlah lima rekomendasi aplikasi kompres ukuran foto di HP Android yang dapat Anda manfaatkan.

Setelah menjelajahi ulasan di atas, Anda akan menemukan bahwa setiap aplikasi memiliki keunggulan uniknya sendiri.

Terdapat yang fokus pada pengompresan gambar saja, sementara yang lain juga menyertakan fitur penyuntingan foto atau bahkan video.

Pilihlah aplikasi yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Semua aplikasi yang disebutkan dapat diunduh secara gratis. Namun, untuk fitur tambahan dan pengalaman bebas iklan, Anda dapat mempertimbangkan untuk berlangganan.

Selain menggunakan aplikasi kompres ukuran foto, Anda pun dapat melakukan kompres foto tanpa aplikasi tambahan.

Semoga informasi ini memberikan manfaat bagi Anda!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top