Jumat, November 22nd, 2019

Menteri Pertanian Bersama Kepala Staf Kepresidenan Hadiri Panen Raya Padi Varietas M70D di Karawang

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo bersama Kepala Staf Presiden Jendral (Purn) Moeldoko, Kamis (07/11/2019) sore menghadiri acara panen raya varitas padi jenis super genjah M70D yang digelar di Desa Curug Kecamatan Klari Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Dalam kegiatan tersebut,  Moeldoko menyatakan keunggulan varietas M70D, berorientasi kepada hasil yang lebih banyak dan tahan hama, serta umur tanam yang lebih pendek menjadi panen 75 HST dibandingkan rata-rata lainnya 110 HST.

Menurutnya, varitas M70D telah diuji bersama dengan tim peneliti di Jawa Timur dimana hasilnya terdapat perubahan produksi yang signifikan dari waktu ke waktu dimana awalnya dengan hasil produksi 5,5 ton/ha mampu ditingkatkan hingga diatas 8 ton/ha.

“Risetnya memakan waktu 4 tahun untuk menghasilkan varietas tersebut. Berarti ada penghematan yang luar biasa. Sudah hemat, waktunya pendek dan juga tahan hama. Tak hanya itu,  hasilnya juga sangat bagus dengan rasa beras yang enak, “katanya.

Di tempat yang sama,  Menteri Pertanian,  Syahrul Yasin Limpo, mengatakan saat ini hasil pencitraan satelit di Jawa Barat dan wilayah pulau Jawa lainnya diketahui adanya curah hujan yang mulai turun sehingga bisa mendorong para petani untuk kembali menanam padi.

“Kita lihat hari ini ada anakan satu rumpun itu bisa sampai 50. Saya tidak pernah melihat hal ini sebelumnya. Saat saya masih di lapangan paling tinggi hanya mencapai 29. Namun setelah dihitung ternyata bukan 48 tapi 52, “tutur Syahrul Yasin Limpo.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini juga meminta kepada jajarannya untuk fokus membantu pertanian yang ada di Jawa Barat khususnya di wilayah Kabupaten Karawang sehingga mampu melakukan 3 kali masa tanam padi dalam 1 tahun.

“Kami berharap agar setiap Bupati beserta jajarannya bersama dengan Muspida turut menjaga ketahanan pangan di daerahnya masing-masing, “ungkap Syahrul Yasin Limpo.  (tgh)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin