Jumat, November 22nd, 2019

Bakal Calon Kades Berstatus Incumbent Terancam Gagal Maju di Pilkades Kutamekar

KARAWANG, TINTABIRU.COM Adanya temuan dugaan penyimpangan anggaran di Desa Kutamekar, Kecamatan, Ciampel pasca pemeriksaan oleh Inspektorat  Kabupaten Karawang akan menjegal calon Kepala Desa yang berstatus Incumbent maju kembali pada pendaftaran calon Kepala Desa hingga yang bersangkutan menyelesaikan terlebih dahulu temuan tersebut sampai batas akhir masa pendaftaran, Kamis (17/10/19). Pendaftaran  Bakal Calon Kepala Desa Kutamekar telah dimulai sejak 14 Oktober hingga 24 Oktober 2019.

Khotib (Inspektur Pembantu Wilayah 1)

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat, ternyata ada temuan dugaan penyimpangan anggaran oleh calon incumbent yang dikabarkan akan maju kembali menjadi Bakal Calon Kepala Desa Kutamekar, kendati temuan tersebut tidak bisa dijelaskan secara terperunci.

“Biasanya setiap kita turun ke desa yang namanya temuan dugaan penyimpangan anggaran pasti ada. Saya yakini pasti ada dan tidak ada yang sempurna pasti ada temuan, “ujar Khotib,  Inspektur Pembantu (Irban) wilayah 1, saat ditemui tintabiru.com di gedung Inspektorat, Jalan Ahmad Yani Karawang, Kamis (17/10/19).

Temuan dugaan penyimpangan anggaran tersebut dikelola oleh bagian sekretariat yang didalamnya terdapat catatan mengenai apa saja yang belum diselesaikan  baik sisi administrasi maupun pengerjaan. Jika Kepala Desa yang bersangkutan belum menyelesaikan hasil temuan yang dilakukan Inspektorat, maka Kepala Desa tersebut tidak bisa maju kembali untuk mencalonkan diri sebagai Calon Kepala Desa.

“Untuk penyelesaian itu, akan ada tindak lanjut yang dikelola bagian sekretariat. Nanti akan ketahuan apabila yang bersangkutan mau mencalonkan diri kembali pasti akan ditolak, datang ke kita minta apa saja sih yang belum ditindaklanjuti karena ada raportnya yang harus diselesaikan, “jelas Khotib.

Berdasarkan peraturan, batas waktu yang ditentukan untuk menyelesaikan temuan tersebut yaitu hingga akhir waktu pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa.

“Batas waktunya hingga akhir masa pendaftaran. Jika tidak selesai, ya tidak bisa mencalonkan kembali menjadi Kepala Desa, “ungkapnya.

Sementara, saat ditemui tintabiru.com beberapa waktu lalu, Bakal Calon Kepala Desa Kutamekar dengan status incumbent itu mengaku telah menyelesaikan semua pekerjaannya selama dirinya menjabat sebagai Kepala Desa.

“Semuanya sudah selesai termasuk dana desa tahap satu sudah dikerjakan semuanya, “aku Amud, Calon Kepala Desa berstatus incumbent tersebut kepada wartawan. (dmn)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin