Jumat, November 22nd, 2019

BUMDes Kutamekar Nyaris Gulung Tikar

KARAWANG, TINTABIRU.COM Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kutamekar Kecamatan Ciampel nyaris bangkrut dan gulung tikar.

Kantor BUMDes Kutamekar Kecamatan Ciampel

BUMDes milik Pemdes Kutamekar ini bergerak pada usaha simpan pinjam dan usaha yang dijalankannya itu mandeg tidak berjalan sebagaimana mestinya, bahkan dinding kantor BUMDesnya pun terbuat dari bahan GRC.

Mandegnya BUMDes milik Pemerintahan Desa Kutamekar ini diiyakan oleh Sekretaris Kecamatan Ciampel, Drs Solehudin.

Dinding kantor BUMDes Kutamekar ini tampak terbuat dari bahan GRC yang mudah rapuh

Berdasarkan hasil monitoring  pihak Kecamatan Ciampel  terhadap BUMDes Kutamekar, didapati BUMDes tersebut nyaris gulung tikar akibat usaha BUMDes ini bergerak pada usaha simpan pinjam dimana respon masyarakat  untuk mengembalikan  modal dan laba BUMDes masih rendah.

“Berdasarkan hasil monitoring kami, BUMDes Kutamekar masih berjalan meskipun belum optimal. Belum optimalnya BUMDes ini karena memang BUMDes tersebut menjalankan usaha simpan pinjam. Sementara masyarakat kurang berpartisipasi pada sistem simpan pinjam ini sehingga mereka kurang peduli dan menyebabkan BUMDes ini menjadi mandeg, “terang Sekretaris Kecamatan Ciampel, Solehudin, saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (14/10/2019).

BACA JUGA: Wooow!! Pendapatan Asli Desa Kutamekar Rp300 Juta Per Bulan

Solehudin mengaku belum mengetahui secara persis usaha apa saja yang dijalankan Pemdes Kutamekar selain usaha simpan pinjam yang digelutinya.

“Masalah simpan pinjam tentu uangnya banyak yang mengendap di masyarakat. Ada juga mungkin usaha lainnya di BUMDes tersebut. Yang kami lihat baru sepintas saja yakni pinjamannya agak ada kemacetan di masyarakat. Untuk pengembangan modalnya saya belum hapal secara mendetail bidang apa saja yang digeluti karena kami belum mengecek secara langsung ke BUMDes Kutamekar, karena saya baru dua bulan menjabat Sekcam disini, “jelas Solehudin. (dmn)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Usaha Air Galon Milik Bumdes Dewisari Rengasdengklok Diduga Tak Berijin

Oleh: Sigit Ernowo KARAWANG, TINTABIRU.COM – Usaha air minum isi ulang dalam kemasan dengan merk …