Kamis, Oktober 24th, 2019

Sambut Musim Tanam, Kades Lengkong Gelar Ruwat Bumi di Cipeundeuy, Subang

Oleh: Sandy Zaenudin

SUBANG, TINTABIRU.COM Untuk menyambut musim tanam padi tiba, pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Lengkong menggelar ruwatan bumi dengan menyelenggarakan pagelaran wayang golek di halaman Kantor Desa Lengkong, Kecamatan Cipeundeuy, Subang, Rabu (2/10/2019).

Acara ruwat bumi di Desa Lengkong, Kecamatan Cipeundeuy, Subang

Pagelaran wayang golek yang akan dibawakan oleh dalang Dadan Sunandar Sunarya dari Giri Harja tiga itu akan digelar malam nanti.

Selain dihibur wayang golek, ruwatan bumi juga menampilkan berbagai macam hasil bumi yang dipamerkan diatas panggung.

Ruwatan bumi yang digelar telah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat daerah di daerah ini. “Sebelum musim tanam, Kita gelar ruwatan bumi dan menampilkan wayang golek, ”kata Kepala Desa Lengkong, H. Atang Sukardi, kepada tintabiru.com.

Dia mengatakan, dalam momen ini juga sekaligus meresmikan taman baca yang baru tuntas dibangun dengan anggaran sebesar Rp55,3 juta yang bersumber dari bantuan CSR PT. Waskita Beton Precast Tbk.

“Alhamdulliah, dengan hasil gotong-royong acara ruwatan bumi ini dapat terlaksana dengan baik, “katanya.

Sementara itu, Bupati Subang, H. Imat Ruhimat, mengatakan kegiatan ruwat bumi atau hari Krida Tani ini cukup meriah selain dihibur oleh wayang golek juga menampilkan berbagai potensi yang ada di desa.

“Kita apresiasi kepada perusahaan yang telah memberikan bantuan CSR untuk pembangunan taman baca, ”kata Bupati Subang, H. Ruhimat.

Dikatakan dia, dengan bantuan semacam ini semoga menjadi motivasi bagi pemerintah desa dan warga untuk meningkatkan kegiatan yang lebih bermanfaat.

“Kita berharap bantuan ini juga dapat dirasakan oleh pemerintah desa lainnya yang ada di daerah Kecamatan Cipeundeuy, “tambahnya.

Acara ruwat bumi yang digelar dihadiri Bupati H. Ruhimat, Camat Cipeundeuy, Tatang Komara, Kepala Desa Lengkong, H. Atang Sukardi, para Kades se-Kecamatan Cipeundeuy, Tokoh Masyarakat dan Warga sekitar. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin