Minggu, November 17th, 2019

Dewan Kehormatan IWO Karawang: Diskominfo Belum Maksimal Jalankan Tupoksi!!

KARAWANG, TINTABIRU.COM Dinas Komunikasi dan Informasi atau yang disingkat Diskominfo, merupakan Dinas yang memiliki fungsi sangat strategis dan luas dengan tujuan menjalin komunikasi dan menyebarkan informasi ke arah eksternal dan internal, yaitu kepada masyarakat umum utamanya.

Sedangkan untuk Kepala Dinas Kominfo sendiri di level Kabupaten mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan fungsi untuk membantu Kepala Daerah memimpin dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan, evaluasi, pelaporan serta bimbingan teknis di bidang komunikasi dan informatika.

Tak hanya itu, untuk menunjang profesionalisme dalam bertugas, Kepala Dinas beserta bawahannya diharapkan juga ahli dalam ilmu statistik, persandian dan cyber.

Lalu bagaimanakah dengan Diskominfo Karawang? Apakah sudah berjalan sesuai tupoksi? Apakah berbagai program yang telah diluncurkan berjalan dengan baik?

1. Website

Sebagaimana yang terjadi di Kota/ Kabupaten lainnya, Diskominfo Karawang juga memiliki website tersendiri. Website ini tentunya secara berkesinambungan dan rutin setiap hari menyebarkan informasi tentang kegiatan Kepala Daerah beserta para OPD lainnya dalam bekerja untuk menata kota dan membangun desa. Harapannya informasi yang diproduksi Diskominfo sampai kepada masyarakat luas.

diskominfo.karawang.go.id adalah website adress resmi milik Diskominfo Karawang. Apakah berfungsi dengan baik?

Pada 1 September 2019 ini, saat website milik Diskominfo Karawang diclick ternyata laman resmi ini “Kudet” kurang update karena tidak secara berkesinambungan dikelola dengan baik karena berita yang terakhir dipublish adalah pada tanggal 03 Juli 2019.

Idealnya, website ini setiap harinya bisa menyampaikan informasi berkesinambungan mulai dari kegiatan rutin Kepala Daerah dan para OPD dalam menjalankan tugas melayani masyarakat. Website ini sudah selayaknya menjadi gerbang informasi dan jembatan antara Pemerintah Daerah dan Rakyatnya.

2. Aplikasi Layanan Masyarakat

Aplikasi Jakarta Smart City yang sukses diluncurkan Pemprov DKI Jakarta, mendorong Pemerintah Kabupaten Karawang menerapkan hal serupa yakni membuat aplikasi yang serupa yang juga bisa diunduh ke smartphone melalui appstore yaitu aplikasi Tangkar (Tanggap Karawang).

Apakah aplikasi ini sudah bisa menjawab tantangan Era Digital sekarang? Masyarakat yang bisa menilainya.

Beragam komentar dari para pengguna yang mengeluhkan disfungsinya aplikasi ini terlihat di linimasa, mulai dari keluhan tidak responsifnya admin dalam menjawab aduan dan tidak updatenya aduan yang masuk ke “meja” Tangkar.

Selamat mendownload!!

3. Social Media

Ada 3 media sosial yang aktif diakses para netizen, facebookers, pengguna Twitter dan instagram.

“Kominfo Karawang” adalah halaman akun facebook resmi milik Diskominfo Karawang. Bagaimana kondisinya? Pada 1 September 2019, akun yang memiliki biodata “Akun Resmi Dinas Komunikasi dan Informasi Pemerintah Kabupaten Karawang” ini update tiga hari yang lalu yakni pada tanggal 29 Agustus 2019. Dan yang sebelumnya pada tanggal 27 Agustus 2019, lalu sebelumnya lagi tanggal 23 Agustus dengan me-repost akun resmi “Disparbud Kabupaten Karawang”.

Bagaimana dengan Instagram? Melalui akun @diskominfokrwkab, ternyata dilakukan secara rutin. Meskipun hal ini sudah baik akan tetapi disayangkan bahwa diskominfo tidak “peka” membaca market pasar. Market sosmed di Karawang adalah facebook, karena netizen facebook di Kabupaten ini sangat terlihat eksistensinya. Hal ini bisa dilihat dari member group facebook lokal “Karawang Info” yang memiliki hampir 1 juta member.

Saat ketiga program diatas (Website, Aplikasi Tangkar dan Social Media) belum berfungsi dengan baik, maka Diskominfo Karawang memiliki jurus pamungkas, yakni harus bermitra dengan media massa baik cetak maupun online dalam menshare informasi kepada masyarakat.

Apakah hal tersebut telah dijalankan dengan baik oleh Diskominfo Karawang? (red)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin