Selasa, Agustus 20th, 2019

SMPN 1 Rengasdengklok Masih Legalkan Jual Dedet Buku LKS

Oleh: Yayan Suryana

KARAWANG, TINTABIRU.COM Praktek jual dedet buku lembar Kerja Siswa (LKS) masih ditemukan di SMPN 1 Rengasdengklok. Praktek jual dedet buku LKS ini dilakukan di koperasi sekolah.

Siswa-siswi SMPN 1 Rengasdengklok masih dipaksa untuk membeli buku Lembar Kerja Siswa (LKS)

Kepada tintabiru.com, salah seorang pengurus koperasi SMPN 1 Rengasdengklok mengatakan bahwa, Lembar Kerja Siswa (LKS) ini dijual @ Rp14 ribu rupiah.

“Untuk kurikulum KTSP ada sekitar 9 buku LKS yang dijual kepada setiap siswa, sementara untuk kurtilas (kurikulum 2013) menggunakan buku penunjang. “kata salah seorang pengurus koperasi yang enggan disebutkan namanya tersebut.

Ditempat berbeda, Kepala SMPN 1 Rengasdengklok, Asma, menyatakan bahwa pengadaan buku LKS di sekolah yang dipimpinnya itu karena pihaknya telah telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Tim Saber Pungli Kabupaten Karawang.

“Pengadaan buku LKS di SMPN 1 Rengasdengklok ini karena sebelumnya telah ada MOU dengan pihak Saber Pungli Kabupaten Karawang sehingga pihak sekolah menyediakan buku LKS untuk siswa/i, “tuturnya.

Penjelasan Kepala SMPN 1 Rengasdengklok akan adanya MoU bersama dengan Tim Saber Pungli Kabupaten Karawang mengenai jual dedet buku LKS diduga kepada siswa didiknya itu memperlihatkan dugaan adanya konspirasi/ kong kalikong antara SMPN 1 Rengasdengklok dengan pihak Saber Pungli Karawang dalam melegalkan praktek penjualan buku LKS dan mengangkangi regulasi perihal larangan menjual buku LKS pada siswa-i yang diatur dalam pasal 181 Peraturan Pemerintah No 17 tahun 2010 yang menyatakan bahwa penyelenggara dan tenaga pendidik, baik perorangan maupun kolektif dilarang menjual buku pelajaran, perlengkapan pelajaran, bahan pelajaran, serta pakaian seragam di tingkat satuan pendidikan. Aturan tersebut juga tercatat dalam Permendikbud Nomor 8 tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subcribe Youtube kami