Kamis, November 21st, 2019

Kejati Jabar Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Korupsi Proyek Uprating PDAM Tirta Tarum Cabang Telukjambe

BANDUNG, TINTABIRU.COM Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Senin (22/7/19), telah menetapkan tiga orang tersangka kasus korupsi PDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang dalam proyek uprating PDAM Tirta Tarum Cabang Telukjambe.

PDAM Tirta Tarum Cabang Telukjambe Karawang

Ketiga orang yang dijadikan tersangka oleh Kejati Jabar adalah mantan Direktur Utama (Dirut) PDAM Karawang, YPA, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), J dan Direktur Umum PT Darma Premamandala, DP, selaku rekanan. Akibat perbuatan ketiga tersangka tersebut, Kejati Jabar menilai negara mengalami kerugian sebesar Rp2, 47 miliar.

“Hasil penyelidikan menyimpulkan, proyek uprating dan optimalisasi IPA (Instalasi Penyaringan Air) PDAM Tirta Tarum Cabang Telukjambe telah melanggar peraturan dan regulasi. Hal ini dikuatkan dengan temuan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Barat yang melihat adanya kesengajaan dengan tidak mentaati peraturan dalam proses pengadaan barang/ jasa, “ujar Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Raja Nafrizal, kepada para wartawan, Senin, (22/07/19) usai pada saat menggelar Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 di Kantor Kejati Jabar, Jalan Martadinata, No. 54, Kota Bandung.

Tak hanya itu, ujar Kajati, anggaran proyek yang berasal dari APBD Perubahan Kabupaten Karawang 2015 itu dianggapnya tidak melalui proses studi kelayakan.

“Jadi terkesan memaksakan satu pilihan kegiatan, yakni optimalisasi IPA eksisting dari desain 50 lt/ detik menjadi 150 lt/ detik, ”tambahnya.

Penyidik Kejati Jabar juga, tambah dia, menemukan adanya pelanggaran lain dalam proses pengadaan barang/ jasa dalam proyek ini.

“Pihak PDAM Tirta Tarum telah melanggar aturannya sendiri, yakni peraturan Direksi Nomor 690/PER.137A/2012 dengan tidak menunjuk unsur yang berasal dari luar PDAM yang dipandang ahli, sehingga proyek ini dikerjakan secara asal-asalan, ”jelasnya.

Diketahui, pada 19 November 2018 silam, pihak Kejati Jabar telah menggeledah kantor PDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang untuk menemukan barang bukti yang bisa memperkuat penyelidikannya. Penggeledahan ini dilakukan terkait dugaan adanya tindak pidana korupsi atas adanya proyek peningkatan kapasitas (uprating) air di PDAM Tirta Tarum Cabang Telukjambe.

Penyidikan kasus dugaan korupsi uprating ini dilakukan Kejati Jawa Barat sejak 28 September 2018. Kejati Jawa Barat juga telah memeriksa puluhan saksi terkait kasus tersebut.

Pemeriksaan yang dilakukan dimulai dari mantan Direksi, Kabag dan Kasubag Perencanaan Teknik. Kejati Jabar juga memeriksa rekanan yang mengerjakan proyek uprating PDAM Tirta Tarum Cabang Telukjambe. (red)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Beban Denda Pelanggan PDAM Tirta Tarum Akan Ditiadakan

Oleh: Hasan Basri KARAWANG, TINTABIRU.COM – Mulai 01 November 2018 PDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang …