Selasa, Agustus 20th, 2019

Sambut Musim Hujan Warga Kemiri Gelar Keridan dan Gilir Giring

Oleh: Sigit Ernowo

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Para petani penggarap bersama aparatur pemerintah Desa Kemiri, Kecamatan Jayakerta, melaksanakan kegiatan keridan dan gilir giring di sejumlah saluran air tersier menuju area pesawahan. Awal bulan ini, para petani penggarap di wilayah setempat akan mulai melaksanakan masa tanam bibit padi di area lahan sawah seluas lebih  dari 1000 ha.

Sarwani (Kepala Desa Kemiri)

Berdasarkan pantauan dilokasi, lebih dari 1 km saluran air tersier menuju lokasi area pesawahan di wilayah perbatasan Kecamatan Jayakerta-Tiryajaya menjadi sasaran kegiatan keridan yang dilaksanakan melibatkan 30 petani penggarap berikut aparat desa setempat.

Nurdin (45), salah satu petani penggarap asal wilayah setempat mengatakan kegiatan keridan dan gilir giring dilaksanakan bersama pemerintah desa setempat untuk memastikan agar persediaan air tiba ke lahan sawah sesuai kebutuhan selama masa tanam.

Menurutnya, kegiatan keridan dan gilir giring dilaksanakan untuk mengoptimalkan pasokan air dari saluran irigasi sekunder dibawah pengelolaan Perusahaan Jasa Tirta Tarum, melalui saluran irigasi tersier yang langsung menuju ke lahan pertanian di wilayah desa setempat,

“Semua yang bisa menghambat aliran air dibersihkan dengan kegiatan ini,”jelasnya.

Terpisah, Sarwani, Kepala Desa Kemiri, mengklaim kegiatan keridan dan gilir giring menjadi kegiatan rutin para petani di pedesaan untuk menghadapi musim tanam serentak tahun ini.

Seperti diketahui, sambung Dia, sumber dana maupun  tenaga kerja kegiatan keridan dan gilir giring dilaksanakan secara swadaya untuk mengawal pasokan air menuju area pesawaham selam musim tanam di sepanjang saluran air tersier mulai dari pintu air yang terletak di saluran irigasi sekunder PJT II Purwakarta. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Subcribe Youtube kami