Selasa, Juli 23rd, 2019

Desa Kalidungjaya Jadi Desa Langganan Banjir di Karawang

Oleh: Gugum Haeruddin

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Desa Kalidungjaya Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang setiap tahunnya selalu menjadi langganan banjir.

Pendangkalan di hilir sungai pembuangan Cilesung diduga menjadi penyebab utama terjadinya banjir tahunan yang melanda Desa Kalidungjaya Kecamatan Cibuaya

Banjir yang melanda Desa Kalidungjaya ini tidak hanya menggenangi pemukiman warga dan ruas jalan desa, namun banjir juga merendam puluhan hektar sawah milik warga.

Kendati demikian, pihak Pemerintah Desa Kalidungjaya terus berupaya mencari solusi agar terbebas dari permasalahan tahunan tersebut.

H. Sinin (Kepala Desa Kalidungjaya)

‘’Kami beserta jajaran masih terus menggali apa yang menjadi penyebab banjir tahunan di desa ini. Bahkan normalisasi sungai pun sudah sering kami lakukan, ’’ujar Kepala Desa Kalidungjaya, H. Sinin, saat ditemui tintabiru.com Selasa (29/1/2019) kemarin.

Dikatakan, pihaknya telah melakukan normalisasi sungai yang ada di desanya secara maksimal. Namun, karena permasalahan banjir tersebut tak kunjung selesai, maka dirinya memprediksi salah satu penyebab banjir tahunan yang terjadi adalah karena adanya pendangkalan di hilir sungai pembuangan Cilesung.

‘’Normalisasi sungai pembuangan Cilesung yang telah kami lakukan sudah maksimal. Kami menduga, ada pendangkalan di hilir sungai pembuangan Cilesung, sehingga hal yang kami lakukan kurang membuahkan hasil, ”jelasnya.

Akibat banjir tahunan tersebut, aktifitas masyarakat menjadi sedikit terhambat bahkan para petani pun belum bisa menggarap sawah mereka.

“Tidak hanya pemukiman penduduk dan jalan desa, banjir pun merendam hektaran sawah yang ada di Desa Kalidungjaya ini. Namun, alhamdulilah kejadian ini bukan di masa panen, sehingga tidak begitu merugikan para petani, ’’paparnya.

Atas peristiwa ini, Pemerintah Desa Kalidungjaya berharap agar Pemkab Karawang selekasnya melakukan penanganan serius untuk mengatasi banjir tahunan yang selalu melanda desa mereka melalui kegiatan pengerukan di bagian hilir sungai pembuangan Cilesung. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin