Jumat, November 15th, 2019

APDESI Siap Tanggapi Laporan Adanya Pendamping Desa Lompat Pagar

Oleh: Sigit Ernowo

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Sejumlah petugas pendamping desa di Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, diminta agar bisa membatasi diri sehingga tidak ada indikasi pelanggaran hak kepala deaa maupun tim pengelola badan usaha milik desa (BUMDes) dalam program dana desa tahun anggaran 2019.

Tahun lalu, beberapa nama pendamping desa di Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, dilaporkan terindikasi lompat pagar pembatas rumah tangga pengelola Badan Usaha Milik Desa.

Berdasarkan laporan masyarakat, Nana Sanjaya, ketika ditemui media ini, Jum’at (25/01) kemarin, selaku bagian dari tim independen pemantau dan pengawas aset negara telah memastikan laporan masyarakat perihal dugaan pelanggaran kewenangan dari tim pendamping desa di wilayah Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, bukan sekedar pepesan kosong.

Bahkan, Nana Sanjaya menemukan beberapa petugas pendamping desa di Kecamatan Cibuaya terjun langsung dalam beberapa hal teknis dari tim pengelola BUMDes maupun Kepala pemerintahan desa.

“Setahu kami tim pendamping hanya mendampingi dan memberikan arahan kepada tim pengelola Dana Desa. Ada beberapa tim pendamping desa, faktanya ikut terlibat membuat berkas RAB dan berkas lainnya.”jelas Nana Sanjaya.

Melihat itu, Imron Rosadi, sebagai salah satu pengurus Apdesi Kabupaten Karawang tidak menampik dugaan indikasi adanya temuan pelanggaran kewenangan dari tim pendamping desa sesuai laporan dari masyarakat.

Kendati demikian, indikasi adanya tim pendamping desa di Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang lompat pagar ke rumah tangga pengelola Dana Desa baru sebatas dugaan ketika belum masuk ke ranah kepolisian.

“Selama masih bisa diperbaiki, Apdesi akan secepatnya melakukan koordinasi ke DPMD Kabupaten Karawang untuk melakukan evaluasi tahunan, ketimbang harus berdebat panjang terkait laporan masyarakat, “tegas Imron Rosadi.

Seperti diketahui, Imron Rosadi juga mewakili Karawang Monitoring Grup meyakini dugaan pelanggaran tim pendamping desa lompat pagar ke dalam rumah tangga pengelola dana desa tahun anggaran 2018 tergantung pada karakter dan ketegasan dari kepemimpinan seorang kepala desa.

“Saya kira bisa tergantung pada karakter masing-masing pemimpin di desa. Indikasi pelanggaran dari tim pemdamping desa tidak akan sampai mencuat apabila kepala pemerintahan desa memiliki prinsip dan kecerdasaan mengelola pembangunan fisik maupun sumber daya masyarakatnya, “ucapnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Proyek Pembangunan Jalan di Desa Tanjungrasa Mangkrak!! Pelaksana Proyek Diam Seribu Bahasa

Oleh: Abdul Aziz SUBANG, TINTABIRU.COM – Mangkrak!! Begitulah fakta proyek pekerjaan rigid jalan yang ada …