Jumat, November 22nd, 2019

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Landa Pesisir Utara Karawang, Sejumlah Barang Elektronik Rusak Disambar Petir

Oleh: Gugum Haeruddin

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Sejak Senin (21/1/19) pagi hingga siang hari, pesisir utara Karawang dilanda hujan deras yang disertai petir dan angin kencang.

Pompa air milik Astuti rusak karena terbakar akibat disambar petir

Hujan yang dibarengi angin kencang dan petir bersahut-sahutan itu melanda Desa Sedari Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang dan menyambar sejumlah perlatan elektronik milik warga setempat.

Salah seorang warga bernama Kasmah (40), asal Dusun Karangsari RT 02 RW 02 Desa Sedari Kecamatan Cibuaya, mengaku sejumlah peralatan elektronik miliknya mengalami kerusakan akibat disambar petir saat hujan lebat.

Astuti (43) menunjukan lampu di rumahnya yang rusak akibat sambaran petir

“Saat hujan deras yang disertai angin kencang melanda terdengar suara petir yang bersahut-sahutan. Pada waktu itu saya bersama keluarga sedang berkumpul di ruang tamu. Peralatan elektronik seperti TV telah kami matikan sementara kabel antenanya juga dlepas. Namun, tiga lampu yang berada di kamar tidur, ruang tamu dan dapur tidak bisa dinyalakan pasca terdengar gemuruh halilintar dan kilat yang menyambar di Desa ini, “ujar Kasmah.

Hal serupa dialami tetangga Kasmah, Astuti (43). Sejumlah peralatan elektronik milik Astuti seperti lampu dan pompa air (Jet Pump) juga mengalami kerusakan serupa akibat sambaran petir.

Kasmah (40), warga Dusun Karangsari RT 02 RW 02 Desa Sedari Kecamatan Cibuaya

“Saat itu saya sedang menyalakan jet pump karena akan mencuci piring sesaat setelah makan siang. Saat itu memang hujan sedang turun deras. Tiba-tiba saya mendengar suara dentuman keras dibarengi kilat yang menyambar tepat di samping rumah saya. Seketika itu juga lampu dan mesin jet pump milik saya langsung mati. Sebelumnya saya mengira itu hanya mati lampu, namun ternyata lampu dan mesin jet pump milik saya rusak terbakar akibat disambar petir, “tutur Astuti.

Hampir setiap tahunnya, hujan yang disertai petir dan angin kencang kerap melanda Desa Sedari Kecamatan Cibuaya. Pada 2017 silam, salah satu rumah milik warga mengalami rusak parah karena atapnya diterjang angin.  Sementara pada 2018 lalu, satu rumah milik warga setempat juga nyaris terbakar akibat terkena sambaran petir.

Akibat peristiwa tersebut, masyarakat Desa Sedari menjadi was-was karena khawatir kejadian serupa akan terulang kembali. Sebagai langkah antisipasi, warga memilih mematikan peralatan elektronik milik mereka dan tidak melakukan aktifitas di luar rumah saat fenomena hujan deras yang disertai petir dan angin kencang melanda wilayah mereka. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin