Rabu, Agustus 21st, 2019

Diguyur Anggaran Rp173 Juta, Pemdes Salamjaya Normalisasi Saluran Air Untuk Persawahan

Oleh: Sandy Zaenudin

SUBANG, TINTABIRU.COM – Diguyur anggaran sebesar Rp173 Juta yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap akhir pihak Pemerintah Desa Salamjaya melakukan padat karya normalisari selokan di daerah Kampung Bancangan, Desa Salamjaya, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Senin (21/1/2019) pagi sekitar pukul 08.00 wib.

Sebanyak 50 orang disebar ke tiga titik untuk mengangkat lumpur sehingga selokan ini kembali dapat mengairi areal persawahan

Informasi yang berhasil dihimpun tintabiru.com menyebutkan, selokan yang panjangnya sekitar 4 kilometer itu kondisinya sudah dangkal dan tak dapat menampung air sehingga pada saat musim penghujan tiba air kerap meluber dan menerjang tanaman padi milik warga.

“Agar arus air tidak terhambat kami menerjunkan sebanyak 50 orang yang disebar ke sejumlah titik untuk mengangkat lumpur dari selokan, “kata Kepala Desa Salamjaya, Ujang Sucipto kepada tintabiru.com.

Dengan anggaran Rp173 Juta, Pemdes Salamjaya didampingi petugas terkait melakukan normalisasi saluran air untuk persawahan

Dikatakan dia, anggaran sebesar Rp173 juta itu digunakan untuk padat karya normalisari selokan di tiga titik yakni di Kampung Bancangan, Bangkuang dan Kampung Poponcol.

“Pengerjaan normalisasi selokan secara padat karya ini ditargetkan tuntas selama 25 hari kerja. Untuk mempercepat pekerjaan ini kami mengerahkan 50 Orang, “ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Adim, mengatakan selokan yang melintang di lahan persawahan milik warga itu kondisinya sangat memperihatinkan. Selain minim perawatan selokan itu juga kondisinya sudah dangkal.

Untuk mencegah kedangkalan selokan semakin melebar pihak pemerintah desa melakukan normalisasi secara manual atau padat karya.

“Ya, semoga saja dengan adanya kegiatan padat karya selokan itu menjadi bersih dan arus air lancar sehingga volume air dapat diatur oleh para petani, “harap Adim.

Adim menambahkan, selokan ini baru tersentuh kebijakan pemerintah kembali setelah sekian lama tidak terawat dan mengalami kerusakan.

“Selokan ini panjangnya sekitar 4 kilometer dan menyalurkan air dari sungai Tarum Timur yang mengairi puluhan hektare lahan pesawahan di daerah ini, “jelasnya.

Kegiatan padat karya yang digelar dihadiri Babin Kamtibmas, Aiptu Ato Madsoleh, Kepala Desa Salamjaya, Ujang Sucipto, Babinsa TNI AD dan sejumlah Tokoh dan Masyarakat setempat. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Subcribe Youtube kami