Selasa, Agustus 20th, 2019

Provinsi Jawa Barat Jadi Penentu Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019

BANDUNG, TINTABIRU.COM – Direktur Eksekutif Indobarometer, M. Qodari menyatakan, Jawa Barat menjadi kunci kemenangan bagi pasangan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pilpres yang akan digelar pada 17 April 2019 mendatang.

Pada Pilpres 2014 silam, ujar Qodari, Jokowi kalah telak dari Prabowo di Jawa Barat.

Joko Widodo merupakan calon petana pada Pilpres 2019

Kunci kemenangan Jokowi ada di Jabar, “kata Qodari, saat menghadiri nonton bareng debat Capres-Cawapres di Rumah Pemenangan Relawan Jokowi-Ma’ruf Amin, Kota Bandung, Kamis (17/1/19) malam, seperti dikutip dari republika.co.id.

Menurutnya, Pilpres 2014 harus menjadi acuan bagi Jokowi-Ma’ruf Amin untuk bisa meyakinkan pemilih. Pasalnya saat itu, Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla kalah 4,6 juta suara di Jawa Barat oleh Prabowo-Hatta Rajasa.

Di sisi lain, tambah Qodari, pada 2014 silam Jokowi kalah di 10 Provinsi. Apabila sembilan Provinsi digabung tanpa termasuk Jawa Barat, maka perolehan suara Jokowi hanya 3,9 juta.

“Saat Pilpres 2014 Jokowi kalah di 10 Provinsi dari 30 Provinsi yang ada di Indonesia. Kalah di Jawa Barat 4,6 juta suara. Kalahnya Jokowi 19-20 persen. Kita bandingkan kekalahan di 9 provinsi kalau digabung cuma 3,6 juta suara. Kalah di Jabar lebih banyak suaranya. Jabar dahsyat luar biasa, “tuturnya.

Selain di Jawa Barat, Jokowi juga harus mampu merebut suara di dua provinsi lainnya yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jika di tiga provinsi ini Jokowi-Ma’ruf Amin unggul, tegas Qodari, maka kemenangan akan berada dalam genggaman petahana.

“Pada tahun 2014 silam, Jokowi menang telak di Jateng dan menang di Jatim, tapi kalah di Jabar. Jika di Pilpres 2019 Jokowi menang di Jateng dan Jatim serta minimal imbang di Jabar maka pemenang Pilpres 2019 tetap Jokowi, “pungkasnya. (sa)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Sandiaga Uno: Tidak Ada Muatan Politik di Reuni Akbar 212

JAKARTA, TINTABIRU.COM – Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno, memastikan tidak ada …

Subcribe Youtube kami