Jumat, Januari 18th, 2019

Banyak Petani di Karawang Ngaku Masih Dipungut Pajak Oleh Pemerintah Desa

Oleh: Sigit Ernowo

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Sejumlah petani di pedesaan mempertanyakan mengenai kebijakan pajak desa (rutin ) wilayah Desa Dewisari, Kecamatan Rengasdengklok, yang hingga kini ternyata masih diberlakukan oleh kepala desa setempat.

Pasca panen, para petani desa di Karawang mengaku diharuskan membayar pajak kepada pemerintah desa

Hal senada juga diungkapkan para petani di wilayah Desa Medangasem, Kecamatan Jayakerta, hingga awal tahun 2019. Mengetahui hal itu, para petani mempertanyakan apaka pajak desa tersebut di dukung oleh kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang.

Seperti yang diungkapkan salah seorang petani bernama, Hj. Lutfi Zibaweh, dirinya merasa prihatin atas kebijakan kepala desa karena dinilai sangat memberatkan petani penggarap.

“Dalam 1 tahun ada 2 pengambilan pajak, yaitu pajak tanah (oleh pemerintah) dan pajak rutin oleh desa. Sebagai petani kami sangat miris ketika pajak rutin harus selalu ditunaikan sementara perhatian pemerintah desa terhadap petani tidak ada sama sekali, “katanya.

Dikatakan dia, pajak rutin yang diterapkan pemerintah desa merupakan salah satu kebijakan pemerintahan desa  peninggalan orde baru yang sudah sejak lama telah dihapus oleh beberapa desa lainnya yang mencantumkan PAD (Pendapatan Asli Desa ).

“Sebagian dari pajak rutin, sedangkan saat ini desa telah mendapatkan anggarannya dari pemerintah daerah, “tambahnya.

Hal senada diamini Kepala Desa Labanjaya Kecamatan Pedes, Munjid Faisal. Menurut Munjid Faisal, pungutan pajak rutin dari para petani sudah sejak lama tidak diberlakukan oleh pemerintah desa Labanjaya Kecamatan Pedes, termasuk sebagian besar desa lainnya.

Kata dia, alasan penghapusan pajak rutin desa bagi para petani penggarap dilakukan seiring munculnya perhatian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dalam memberikan honor bagi perangkat desa.

“Meskipun nilai perhatian dari Pemda Karawang untuk pegawai desa masih jauh dari harapan, kami sudah lama tidak menarik pajak rutin ke petani, “jelasnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *