Selasa, Juli 23rd, 2019

Selama 4 Bulan Jelang Pergantian Tahun 2018, PDAM Tirta Tarum Karawang Berhasil Lakukan Sepuluh Capaian Kinerja

Oleh: Riady Hidayat

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Selama kurun waktu empat bulan jelang pergantian tahun 2018 menuju 2019, banyak terjadi perubahan yang luar biasa dalam sejarah PDAM Tirta Tarum Karawang dalam rangka menuju ke arah perubahan yang positif dan lebih baik.

Kantor PDAM Tirta Tarum di Jalan Surotokunto Nomor 205 Kelurahan Adiarsa Timur Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang

Dengan motto Berikan Service Terbaik (BeST), PDAM Tirta Tarum dibawah kepemimpinan M. Sholeh bertekad untuk hijrah dari birokrasi menuju korporasi, dari dilayani menjadi melayani, dari tidak diperhitungkan menjadi excellent, dari pasif menjadi pro aktif dan dari zona nyaman menuju zona penuh tantangan.

Hal itu ditegaskan direktur utama (dirut) PDAM Tirta Tarum, M. Sholeh, saat menggambarkan suasana dan tantangan keadaan perusahaan air bersih milik Pemda Karawang yang saat ini tengah dikomandoinya.

‘Tidak mudah berlayar dengan perahu retak penuh lobang disana sini, belum lagi kayuhnya rapuh dan compang camping. Sementara cuaca mendung dan badai mengintai, ‘ujar M. Sholeh.

Dengan berbekal niat baik, tekad kuat, dan keyakinan serta ridho Allah SWT, kata dia, maka perahu PDAM Tirta Tarum bisa optimis untuk kembali berlayar menuju samudera harapan dengan berbagai rintangan, tantangan, hambatan dan gangguan dengan tegar.

Berbagai masalah yang secara beruntun menyelimuti PDAM Tirta Tarum, tambah M. Sholeh, sedikit demi sedikit kini mulai terurai meski belum sepenuhnya berakhir.

“Dalam situasi bagaimanapun pelayanan publik tetap harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Dengan berakhirnya tahun 2018 ini ada beberapa transformasi baru di bawah manajerial baru, “tutur M Sholeh.

Beberapa capaian prestasi PDAM Tirta Tarum yang berhasil diraih di bawah kepemimpinan M. Sholeh diantaranya adalah :
1. Lompatan jumlah pelanggan dari 72.000 SR menjadi 77.000 SR di penghujung 2018. Hal tersebut didukung   melalui program Promo 3X pada bulan Agustus, September dan Desember 2018
2. Konsolidasi internal dan eksternal serta antar lembaga, instansi dan mitra kerja
3. Kersajama dengan berbagai lembaga pendukung seperti BPPSPAM, Satker SPAM, PJT II, Perumnas, Summarecon, bahkan hingga Kejaksaan, Lawyer, Notaris, dan lain-lain
4. Amnesti denda pelanggan (bulan bebas denda) yang akan dilanjutnya dengan penghapusan tagihan bad debt sesuai standar akuntansi
5. Peran serta program hibah SR MBR APBN Tahun 2019 senilai 5000 SR
6. Optimalisasi produksi dan distribusi SPAM
7. Peningkatan pelayanan melalui 24 hour call center, One Day Service (ODS) pemasangan SR dan One Hour Service (OHS) untuk keluhan pelanggan
8. Peningkatan kesehatan perusahaan baik dalam hal keuangan, operasional, administrasi dan IT
9. Tindak lanjut alih status perusahaan dan rencana evaluasi secara berkala termasuk RUPS
10. Beberapa kegiatan positif lainnya yang dilakukan PDAM Tirta Tarum Karawang

Tak hanya itu, ujar M. Sholeh, dalam rangka untuk meningkatkan budaya organisasi, maka pihaknya telah menyepakati nilai inti (Core Value) PDAM Tirta Tarum Karawang yang terdiri dari 11 nilai inti atau ekadasa, yakni:

1. Berbasis bisnis dan pelayanan, bukan politik praktis
2. Efektif, efisien, ekonomis dan ramah lingkungan
3. Sinergy antar Seluruh lini organisasi
4. Team work yang solid, loyal, handal dan profesional
5. Sigap, salam, sapa, santun dan ramah dalam pelayanan
6. Etos kerja usaha dan berdedikasi tinggi
7. Responsif, cepat tanggap, realistis dan kritis
8. Visioner dalam pengembangan perusahaan
9. Inovasi, integritas, solidaritas persatuan dan kesatuan
10. Commitment, credible dan consistent menuju yang terbaik
11. Evaluasi berkelanjutan menuju prestasi tinggi

“Kesebelas nilai inti itu merupakan singkatan dari “BEST SERVICE” yang sekaligus sebagai motto baru perusahaan, dan nilai inti ini merupakan pemikiran bersama seluruh keluarga besar PDAM Tirta Tarum Karawang dari seluruh level. Nilai inti ini bukanlah aturan hukum tetapi lebih merupakan nilai-nilai budaya organisasi perusahaan untuk menuju yang lebih baik. Nilai inti ini dibuat menyusul Deklarasi Bangkit pada 21 November 2018 lalu dimana tekad untuk memberikan service terbaik dalam semangat Good Corporate Governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik. Dengan capaian di tahun 2018 yang baru dilakukan selama 4 bulan 25 hari adalah merupakan sedikit prestasi yang belum dapat dibanggakan. Akan tetapi semangat “bangkit” untuk melayani yang terbaik akan menjadi cambuk bagi seluruh keluarga besar PDAM Tirta Tarum untuk lebih maju lagi menuju prestasi tinggi. Perjuangan ini masih panjang, target masih menanti, semangat meraih dan merealisasikan 5.000 SR MBR pada tahun 2019 sudah menunggu, dan harapan pelayanan terbaik dari masyarakat Karawang sangat dinanti oleh kami. Kami mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Karawang. Semoga Allah SWT meridhoi kita bersama wabil khusus PDAM Tirta Tarum Karawang ini, “paparnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Pembangunan Rumah Dinas Pejabat KPPN Karawang Diduga Gunakan Air Curian PDAM

Oleh: Hasan Basri KARAWANG, TINTABIRU.COM – Pembangunan rumah dinas milik Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) …