Minggu, Juni 16th, 2019

Jemput Bola Perekaman e-KTP, Disdukcatpil Karawang Sambangi Lapas dan Panti Jompo

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) Kabupaten Karawang menggelar perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik Elektronik (KTP-el atau e-KTP) di Panti Jompo Tresna Werdha Budi Daya dan Mall Technomart.

Disdukcatpil Karawang menerjunkan dua mobil pelayanan perekaman e-KTP ke Lapas, Panti Jompo dan Mall Technomart sebagai bentuk pelayanan bagi masyarakat Karawang yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik

Kepala Disdukcatpil Karawang, Yudi Yudiawan, mengatakan perekaman KTP-el tersebut dilakukannya untuk memastikan jika seluruh warga Kabupaten Karawang telah memiliki e-KTP jelang pemilihan umum yang akan digelar pada 2019 mendatang.

“Ini sesuai dengan edaran Kemendagri Nomor 471.13/24150/Dukcatpil perihal Jemput Bola Perekaman KTP-el Serentak secara Nasional. Jemput bola perekaman e-KTP kami gelar di Panti Jompo Tresna Werdha Budi Daya dan Mall Technomart. Sebelumnya, kami telah melakukan jemput bola perekaman KTP-el di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Karawang, “kata Yudi Yudiawan.

Hingga saat ini, kata Yudi, ada sekitar 4.265 warga Karawang yang masih belum melakukan perekaman KTP-el. Oleh karena itu, tambah dia, pada jemput bola kali ini pihaknya menargetkan 50 persen di antaranya melakukan perekaman pada jemput bola perekaman tersebut.

“Kami menerjunkan dua mobil pelayanan perekaman e-KTP. Target kami 50 persen dari jumlah warga yang belum melakukan perekaman, “ujarnya.

Kepala Disdukcatpil Kabupaten Karawang ini mengaku tidak menemui kendala berarti dalam jemput bola perekaman e-KTP yang digelarnya. Hanya saja, tambah dia, kendala itu terjadi hanya pada sistem jaringan saja.

“Karena digelar secara serentak se-Indonesia, maka ada kendala pada server pusat. Jaringannya agak sedikit tersendat, “jelasnya.

Jemput bola perekaman e-KTP yang digelar Disdukcatpil Kabupaten Karawang ini rencananya akan diakhiri pada pukul 16:00 WIB. Usai perekapan dilakukan, hasilnya segera dikirim ke Kemendagri. Hal tersebut dilakukan karena kebutuhan blanko e-KTP yang saat ini masih kekurangan sekitar 138.000 blanko.

“Data yang masuk saat ini ditunggu oleh pihak Kemendagri hingga pukul 18:00 WIB, “tuturnya.

Disebutkan, ada sekitar 46 warga Kabupaten Karawang yang tinggal di Panti Jompo Tresna Werdha Budi Daya, Kecamatan Telukjambe Timur masih belum melakukan perekaman e-KTP.

“Rata-rata usia mereka diatas 70 tahun. Mereka perlu penjelasan, arahan dan bimbingan khusus dari kami, “pungkasnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin