Selasa, April 23rd, 2019

Wakil Gubernur Jawa Barat Dampingi Jokowi Bagikan 4 Ribu Sertifikat Tanah Untuk Masyarakat Bogor

Oleh: Syamsul Arifin

BOGOR, TINTABIRU.COM – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzahnul Ulum, Rabu (26/12/18) siang mendampingi Presiden RI, Joko Widodo, menyerahkan 4.000 sertifikat tanah kepada masyarakat Kabupaten Bogor.

Presiden Joko Widodo secara simbolik menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat Kabupaten Bogor

Penyerahan sertifikat tanah bagi masyarakat Kabupaten Bogor itu digelar di lapangan bola Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor,

Pada kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo menargetkan bahwa pada tahun 2024 mendatang seluruh bidang tanah di Provinsi Jawa Barat semuanya akan tersertifikasi.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, saat menyampaikan sambutan pada kegiatan pembagian 4 ribu sertifikat tanah bagi warga Kabupaten Bogor, Rabu (26/12/18) siang

“Kita berharap pada tahun 2024 mendatang seluruh bidang tanah di Provinsi Jawa Barat telah tersertifikasi semuanya, “kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Presiden Jokowi juga menjelaskan ihwal pemerintahannya mempercepat sertifikasi tanah bagi masyarakat. Hal itu, kata dia, karena seringnya terjadi peristiwa sengketa tanah di berbagai wilayah di Indonesia.

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan di acara pembagian 4 ribu sertifikat kepada masyarakat Kabupaten Bogor, Rabu (26/12/18)

“Karena sengketa tanah terjadi di mana-mana. Kenapa bisa terjadi? Karena masyarakat tidak pegang yang namanya sertifikat sebagai tanda bukti hak hukum atas tanah yang dimilikinya. Sengketa lahan itu menghabiskan energi, biaya, dan waktu, “ungkap Jokowi.

Dikatakan, ada sekitar 126 juta bidang tanah di seluruh Indonesia yang harus segera disertifikasi. Namun, ujar Jokowi, hingga saat ini baru sekitar 46 juta bidang tanah saja yang baru selesai disertifikasi. Artinya, kata dia, masih ada 80 juta bidang tanah yang belum memiliki sertifikat.

“Dulu, hanya diberikan 500 ribu sertifikat saja per tahunnya. Pada tahun lalu se-Indonesia baru lima juta sertifikat tanah, tahun ini 7 juta. Maka pada tahun depan kami akan keluarkan 9 juta sertifikat, “tambahnya.

Kepada masyarakat yang telah memiliki sertifikat tanah, Presiden Jokowi berpesan agar mereka merawatnya dengan baik sehingga sertifikat tanah milik mereka tidak rusak.

Tak hanya itu, Jokowi juga mempersilahkan kepada masyarakat yang memiliki sertifikat tanah untuk dijadikan agunan pinjaman ke bank dengan tujuan mengembangkan usaha mereka atau untuk kegiatan produktif lainnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Warga Jawa Barat Kini Bisa Bayar Pajak Kendaraan ke Polsek atau Minimarket

Oleh: Syamsul Arifin BANDUNG, TINTABIRU.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) …