Kamis, November 14th, 2019

Petani Tambak dan Nelayan Sedari Desak PHE ONWJ Segera Berikan Ganti Rugi

Oleh: Darsen Tajudin

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Ketua Nelayan Sedari Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mendesak pihak Pertamina  PHE ONWJ untuk segera memberikan ganti rugi kepada para petani tambak dan nelayan setempat akibat tangkapan mereka menurun drastis pasca terjadinya tumpahan minyak di perairan Tambaksumur.

Tumpahan minyak di perairan Tambaksumur diyakini berasal dari PHE ONWJ

Hal itu ditegaskan Ketua nelayan sedari, Mastim (45) saat berbincang dengan tintabiru.com, pada Jum’at (14/12/18) siang.

“Dampak dari pencemaran oil spill sangat terasa bagi kami sebagai nelayan. Hasil tangkapan kami sangat menurun drastis, padahal sebelum kejadian ini setiap harinya para nelayan bisa menghasilkan udang jerbung hingga puluhan kilo. Sayangnya, hingga saat ini pihak PHE ONWJ belum memberikan jawaban tuntutan ganti rugi yang kami ajukan, “ujar Mastim.

Hal senada diungkapkan salah seorang petani tambak asal Sedari, H. Karjo. Menurutnya, para petani tambak di perairan setempat merasa dirugikan PHE ONWJ, sebab peliharaan ikan ditambak mereka banyak yang mati.

Para petani tambak setempat bahkan ada  yang memanen ikan mereka secara mendadak meski belum waktunya untuk dipanen karena khawatir melihat pemandangan banyaknya ikan yang mati mendadak di setiap tambak ikan. Sementara, banyak petani tambak lainnya yang merasa was-was untuk mengganti air tambaknya dengan air yang baru.

“Kami para nelayan dan petani tambak disini merasa kecewa kepada pihak PHE ONWJ. Salah seorang pegawainya yang bertugas dilapangan yang diketahui bernama pak Agung sangat melukai hati kami. Ketika kami menyampaikan keluhan atas kerugian yang kami alami, jawaban pak Agung sangat singkat. Pak Agung mengatakan bahwa limbah minyak tersebut akan terlebih dahulu diuji lab dan hasilnya nanti akan disampaikan. Bagi kami selaku nelayan dan petani tambak, mau diuji lab kemana saja terserah, yang jelas, pasca terjadinya pencemaran minyak di perairan ini pendapatan kami menurun drastis sehingga kami merasa sangat dirugikan. Apa pun alasannya, kami akan tetap menuntut ganti rugi kepada PHE ONWJ, “tegas H.Karjo.  (*)

Berikut ini Videonya:

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Kepala Desa Sedari Desak PHE ONWJ Berikan Kompensasi Untuk Para Petani Tambak

Oleh: Darsen Tajudin KARAWANG, TINTABIRU.COM – Menyikapi masalah pencemaran limbah minyak di perairan Tambaksumur yang …