Kamis, Juli 18th, 2019

Nelayan dan Petani Tambak Sedari Resah, PHE ONWJ Belum Berikan Ganti Rugi

Oleh: Darsen Tajudin

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Tumpahan minyak yang mencemari perairan Tambaksumur Kecamatan Tirtajaya dan perairan Sedari Kecamatan Cibuaya sejak 22 November lalu membuat petani tambak dan nelayan Desa Sedari  resah.

Tumpahan minyak di perairan Tambaksumur mencemari perairan setempat

Keresahan petani tambak dan nelayan Desa Sedari disebabkan karena hingga saat ini pihak Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) belum memberikan jawaban kapan tuntutan mereka akan dipenuhi.

Petani tambak dan nelayan Sedari menuntut ganti rugi ke Pertamina akibat mata pencaharian mereka tercemari tumpahan minyak yang berasal dari anjungan lepas pantai MQ pada Kamis (22/11/18) lalu sekitar pukul 10:10 WIB.

“Saya melihat persis semburan minyak dari Platform MQ, dan tidak jauh dari platform tersebut saya melihat ada kapal service anjungan minyak lepas pantai, saya menduga tumpahan minyak yang mencemari perairan sedari dan sekitarnya akibat kelalaian, “kata Asden yang dijumpai tintabiru.com dirumahnya, Jum’at (14/12/18) siang.

Semburan minyak dari platform MQ  itu diketahui saat Asden bersama ABK nya akan mengangkat bubu rajungan.  Ia melihat oil spill terapung di perairan Tambaksumur. Rasa penasaran Asden pun  muncul ingin mengetahui sumber pencemaran yang selama ini meresahkan petani tambak dan nelayan. Menurutnya, hampir setiap tahun pencemaran oil spill itu terjadi akan tetapi pihak Pertamina setempat selalu beralasan bahwa oil spill tersebut bukan berasal dari PHE ONWJ.

“Sekarang kami  tidak ragu lagi untuk menuntut ganti rugi pada PHE ONWJ. Sebab kami melihat secara langsung semburan minyak dari platform MQ. Semburan itu terjadi sejak Kamis (22/11/18) dan baru bisa diatasi pada Rabu (27/11/18). Bisa dibayangkan berapa banyak minyak yang mencemari laut disini. Artinya, selama lima hari itu pula petani tambak dan nelayan mengalami kerugian, “tegasnya.

Sementara, PHE ONWJ berdalih bahwa pihaknya akan terlebih dahulu melakukan uji lab untuk mengetahui secara pasti darimana tumpahan minyak tersebut berasal. (*)

Berikut ini Videonya:

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin