Minggu, Desember 16th, 2018

900 Korban PHK Ikuti Pelatihan Wirausaha

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang menggelar program pelatihan kewirausahaan bagi 900 buruh yang terkena dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada tahun 2018.

Disnakertrans Kabupaten Karawang menggelar pelatihan wirausaha yang diperuntukkan bagi 900 korban PHK

Ada sekitar 900 buruh yang berasal dari sektor Tekstil Sandang dan Kulit (TSK) yang terkena PHK akibat tuntutan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Karawang yang sangat tinggi.

“Kami berusaha untuk mencoba meminimalisir angka pengangguran akibat dampak perusahaan yang gulung tikar, “kata Suroto, Kepala Disnakertrans Kabupaten Karawang, Rabu (5/12/18).

Dijelaskan dia, sejak 2017 hingga 2018, ada sekitar 21 perusahaan sektor TSK yang gulung tikar dan hengkang dari Kabupaten Karawang akibat tidak sanggup membayar UMK Karawang yang sangat tinggi. Sehingga, kata dia, ada sekitar 22 ribu buruh yang bekerja di sektor tersebut terkena dampak PHK.

Mengatasi permasalahan tersebut, kata Suroto, Disnakertrans Karawang menggelar pelatihan kewirausahaan yang diperuntukkan bagi 900 buruh.

“Awal Desember ini kami telah memulai pelatihan bagi 900 buruh untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan. Umumnya mereka adalah buruh yang terkena dampak PHK di sektor TSK, “ujarnya.

Dikatakan, pelatihan kewirausahaan yang digelar Disnakertrans meliputi 4 bidang kerja, yakni: Otomotif, Las, Sepeda Motor dan Garmen.

“Para peserta pelatihan kewirausahaan ini akan diberikan pemahaman bagaimana cara mereka mengatur keuangan dan usahanya, “tuturnya.

Suroto meyakini,  UMK Karawang yang akan naik pada tahun 2019 mendatang akan menambah daftar perusahaan yang akan hengkang dari Kabupaten Karawang. Suroto juga menegaskan, Kabupaten Karawang akan kembali menjadi daerah dengan UMK tertinggi di Provinsi Jawa Barat dengan angka UMK Rp4.234.010,27. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *