Minggu, November 17th, 2019

Pilkades Berujung Ekses!! Massa Simpatisan 2 Calon Kepala Desa Geruduk Pemkab Karawang Bakar Keranda Mayat dan Ban Bekas

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Massa simpatisan dua calon Kepala Desa, Selasa (3/12/18) siang menggeruduk kantor Pemkab Karawang untuk meminta keadilan terkait sengketa pemilihan calon Kepala Desa yang digelar pada Minggu (11/11/18) silam.

Massa aksi membakar keranda mayat dan ban bekas di depan pintu gerbang kantor Bupati Karawang

Ratusan massa simpatisan ini datang bersama dengan massa LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) meminta Bupati Karawang untuk menunda hasil pelaksanaan Pilkades di 2 desa yakni Desa Sungaibuntu Kecamatan Pedes dan Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur.

Tak hanya itu, massa simpatisan calon Kepala Desa ini juga menuntut Pemkab Karawang untuk membentuk Pansus Konflik Pilkades.

Ratusan massa ini berkumpul mendengarkan orasi yang disampaikan ketua LBH GMBI, Dadi Mulyadi

“Banyak kecurangan yang terjadi pada pelaksanaan Pilkades serentak yang digelar pada 11 November 2018 silam. Terkait hal ini, kami mendesak Pemerintah Daerah untuk menunda pelantikan 2 calon Kepala Desa yang kami anggap pelaksanaan pilkadesnya bermasalah, “kata Dadi Mulyadi selaku koordinator aksi.

Selaku ketua LBH GMBI yang menjadi kuasa hukum 2 calon Kepala Desa yang diadvokasinya, Dadi Mulyadi mendesak Pemkab Karawang untuk menunda pelantikan Kepala Desa Sungaibuntu Kecamatan Pedes dan Kepala Desa Wadas  Kecamatan Telukjambe Timur yang dianggapnya memenangkan suara terbanyak namun dengan cara-cara curang.

Perwakilan massa aksi ditemui komisi I DPRD Karawang

“Banyak kecurangan yang terjadi saat pelaksanaan Pilkades di 2 Desa ini. Salah satu contohnya adalah adanya 1 kotak suara yang hilang saat penghitungan surat suara, “ujarnya.

Aksi yang digelar di depan pintu gerbang kantor Pemkab Karawang ini sempat diwarnai pembakaran keranda dan ban bekas sebagai simbol matinya demokrasi di Kabupaten berjuluk “Kota Pangkal Perjuangan”.

Beberapa perwakilan massa aksi ini kemudian diterima wakil rakyat komisi I DPRD Karawang untuk mengadukan masalah sengketa Pilkades tersebut.

Dari hasil pertemuan dengan para wakil rakyat yang duduk di gedung putih Karawang ini, Komisi I DPRD rencananya akan memfasilitasi mereka untuk duduk bersama dengan Bupati Cellica Nurrachadiana yang akan digelar pada Kamis (6/12/18) mendatang.

“Kami akan bertemu dengan Bupati, Asisten Sekretaris Daerah I Bidang Pemerintahan dan DPMD untuk membahas masalah ini. Mudaha-mudahan rekomendasi kami ini diterima Bupati untuk bisa bertemu dengan OPD terkait terutama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) selaku panitia pemilihan Kabupaten, “ujar Indriyani ST, wakil ketua komisi I DPRD Karawang. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

GMBI dan Sepetak Tuding Ada Upaya Sabotase Pada Mediasi Yang Digelar Antara Petani 3 Desa dengan PT. APL

Oleh: Hasan Basri KARAWANG, TINTABIRU.COM – Gerakan Maayarakat Bawah Indonesia (GMBI) distrik Kabupaten Karawang menganggap …