Jumat, Januari 18th, 2019

Jelang Natal dan Tahun Baru TPID Karawang Waspadai Laju Inflasi

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mewaspadai kenaikan inflasi yang terjadi jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 mendatang.

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Karawang mewaspadai kenaikan inflasi jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019

Langkah konkrit yang dilakukan TPID Kabupaten Karawang adalah dengan cara menjaga ketersediaan pasokan kebutuhan pokok di pasar menjadi fokus di TPID daerah.

Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Asda II Setda Karawang, Heri Heryadi, mengatakan berdasarkan pantauan, laju inflasi di daerah jauh lebih rendah dibandingkan inflasi di Pemerintah Pusat. Saat ini, kata dia, laju inflasi di Kabupaten Karawang hanya mencapai 3,49 persen.

Dikatakan, penyebab terjadinya laju inflasi di Kabupaten Karawang, tutur Heri, akibat tingginya pertumbuhan pasar moderen atau mall. Kedua, menurut dia, yang juga ikut menyumbang lajunya inflasi adalah naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Sejauh ini harga-harga di pasar-pasar tradisional masih sangat normal. Memang ada kenaikan, namun tidak terlalu signifikan. Yang kita waspadai saat ini adalah pertumbuhan inflasi jelang peringatan hari besar keagamaan seperti jelang perayaan Natal dan tahun baru. Ketersedian pasokan bahan pokok ini yang kita jaga, “ucap Heri.

Dijelaskan, TPID telah melaporkan kekhawatiran itu kepada semua instansi yang menjadi pengontrol pasokan di daerah seperti Bulog, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pangan dan Dinas Pertanian setempat.

“Bagaimana mereka harus berperan aktif dalam menjaga pasokan sembako. Biasanya ketersedian pasokan ini menjadi persoalan di pasar-pasar, “tambahnya.

Menurutnya, yang harus diperhatikan oleh pemerintah adalah menjaga kelancaran distribusi kebutuhan pokok.

“Harga-harga naik, kita harus menjaga langsung pasokan dengan cara operasi pasar. Tadi kita sudah rapat, tim harus siap siaga, memperhatikan perkembangan harga yang ada di pasar, “tutupnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin