Selasa, April 23rd, 2019

140 Peserta Ikuti Seleksi Tilawah Al-Qur’an Tingkat Kabupaten Karawang

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Sebanyak 140 peserta yang berasal dari berbagai Madrasah dan Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Karawang, Jum’at (30/11/18) siang mengikuti Seleksi Tilawah Al-Qur’an (STQ) tingkat Kabupaten Karawang yang digelar dari 30 November hingga 1 Desember 2018.

Ketua panitia pelaksana Seleksi Tilawah Al-Qur’an (STQ), Drs. H. Sopian, saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan STQ tingkat Kabupaten Karawang tahun 2018, Jum’at (30/11/18) siang

Pembukaan Seleksi Tilawah Al-Qur’an ini digelar di kantor Kementrian agama Kabupaten Karawang dan diselenggarakan di dua tempat yakni di halaman kantor Kementrian Agama Karawang dan di lingkungan Pemkab Karawang.

Ketua pelaksana STQ, Drs. H. Sopian menegaskan, ratusan peserta STQ ini berasal dari hasil penelusuran di beberapa pondok pesantren dan madrasah yang ada di wilayah Kabupaten Karawang .

“Ada 3 jenis cabang yang dperlombakan, yakni: cabang tilawah terdiri dari 2 golongan, yaitu anak-anak dan dewasa. Cabang Tahfidh Al-Quran ada 4 golongan, yakni 1 hingga 5 juz, golongan 10 juz, 20 juz dan 30 juz. Sementara yang terakhir adalah cabang tafsir bahasa arab, “ujar Sopian.

Panitia STQ tingkat Kabupaten Karawang menyiapkan 79 dewan hakim yang telah tersertifikasi dalam menguji para peserta.

Seleksi Tilawah Al-Qur’an (STQ) tingkat Kabupaten Karawang tahun 2018 ini bertemakan “Dengan STQ Kita Tumbuhkan Spirit Cinta Al- Quran Demi Karawang yang Maju, Adil dan Makmur”.

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pembangunan, Akhmad Hidayat, yang mewakili Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana, mengharapkan melalui STQ yang digelar akan menghasilkan bibit-bibit berkualitas yang akan mengharumkan nama Kabupaten Karawang di level yang lebih tinggi .

Pihaknya juga menginginkan para penyelenggara STQ yang didukung oleh berbagai elemen tersebut mampu merepresentasikan karakter Kabupaten Karawang sebagai “Kota Religius” atau Kota Santri.

“Mudah-mudahan, STQ yang digelar akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas ketakwaan, moralitas dan akhlak. Terpenting lagi adalah bagaimana nanti akan menghasilkan juara-juara baru pada bidang pemahaman Al-Qur’an, “harapnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Ratusan Pondok Pesantren Menjamur di Kota Pangkal Perjuangan, Kemenag Berharap Karawang Jadi Kota Santri

Oleh: Ubes Nur Islam KARAWANG, TINTABIRU.COM – Terwujudnya kehidupan masyarakat Karawang yang “Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun …