Kamis, April 25th, 2019

Pemkab Bekasi Minta Pemerintah Pusat Tetapkan KH. Ma’mun Nawawi Sebagai Pahlawan Nasional

BEKASI, TINTABIRU.COM – Salah satu ulama Kabupaten Bekasi, KH. Ma’mun Nawawi, tengah diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk menjadi pahlawan nasional.

KH. Ma’mun Nawawi adalah pendiri pondok pesantren Al-Baqiyatus Sholihat yang terletak di kampung Cibogo Desa Sindangmulya Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi

Pengajuan gelar pahlawan nasional untuk pendiri Pondok Pesantren Al-Baqiyatus Sholihat yang terletak di Kampung Cibogo, Desa Sindangmulya, Kecamatan Cibarusah ini pun dilakukan melalui kajian akademis.

Plt. Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, mengatakan salah satu ulama dan cendikiawan sekaligus pejuang asal Kabupaten Bekasi yang kini tengah diusulkan kepada pemerintah pusat untuk ditetapkan mejadi pahlawan nasional adalah KH. Ma’mun Nawawi.

“Ada tokoh ulama  dan cendikiawan sekaligus pejuang yang sedang kami dorong kepada pemerintah pusat untuk ditetapkan sebagai pahlawan nasional, salah satunya adalah KH. Ma’mun Nawawi, “ujar Plt. Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja kepada para wartawan.

Dikatakan dia, beberapa jalan raya dan gedung pemerintahan juga direncanakan akan diberi nama dengan nama-nama pejuang asli Bekasi.

“Memang ada rencana untuk memberi nama jalan dan gedung pemerintahan dengan nama-nama pejuang asal Kabupaten Bekasi. Sehingga masyarakat mengetahui bahwa banyak pejuang asal Bekasi yang turut serta memerdekaan bangsa ini, “tambahnya.

Sebelumnya, Disbudpora Kabupaten Bekasi berencana mengajukan kepada pemerintah pusat untuk menetapkan KH. Ma’mun Nawawi sebagai pahlawan nasional karena dinilai memiliki jasa besar bagi kemerdekaan Republik Indonesia.

Kajian akademis dalam rangka pengajuan pahlawan nasional bagi KH. Ma’mun Nawawi pun akan segera dilakukan oleh Pemkab Bekasi.

“Pada tahun ini (2018-red) tim independen akan segera melakukan kajian akademis mengenai KH. Ma’mun Nawawi, “kata Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi, Suwartika.

Dijelaskan, setelah dilakukan kajian akademis, Pemkab Bekasi berharap agar pemerintah pusat bisa segera menetapkan KH. Ma’mun Nawawi sebagai pahlawan nasional.

“Tentunya kewenanangan ini ada di tangan Presiden, “jelasnya.

KH. Ma’mun Nawawi merupakan salah satu tokoh sentral pembentukan Laskar Hizbullah pada masa perang kemerdekaan.

Peran aktif KH. Ma’mun Nawawi dalam pembentukan Laskar Hizbullah adalah dilaksanakannya pelatihan semi militer bagi para santri Pondok Pesantren Al-Baqiyatus Sholihat yang diasuhnya. Laskar Hizbullah yang dilatihnya kemudian dikirim ke berbagai medan pertempuran seperti ke Bekasi di bawah komando KH. Nur Alie, ke Jombang di bawah komando KH. Wahid Hasyim, dan ke Surabaya di bawah komando Bung Tomo.

Selama hidupnya, KH. Ma’mun Nawawi berhasil menyusun 63 buku atau kitab yang menjadi pengantar dalam memahami ilmu astronomi atau ilmu falak. Hasil karyanya kini telah tersebar di beberapa negara di Timur Tengah dan Asia Tenggara yang dipelajari para cendikiawan dan mahasiswa. Ulama sekaligus pejuang kemerdekaan asal Kabupaten Bekasi ini wafat pada tahun 1975. (hsn)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin