Minggu, Desember 16th, 2018

Irak Sesalkan Keputusan AS Tutup Kantor Konsulat di Basra

TEHERAN, TINTABIRU.COM  – Irak menyesalkan keputusan Amerika Serikat (AS) yang akan menutup konsulatnya di kota Basra. Rencana tersebut kabarnya juga diikuti pemindahan petugas diplomatik di sana menyusul meningkatnya ancaman dari Iran dan milisi dukungan Iran, tak terkecuali serangan roket.

“Pemerintahan kami menyesalkan keputusan Amerika yang menarik stafnya keluar dari Basra, “kata Kementerian Luar Negeri Irak dalam sebuah pernyataannya, seperti dikutip dari republika.co.id yang dilansir dari Aljazera, Minggu (30/9/18).

Sementara, Iran malah menuduh Washington melakukan “Propaganda dan Tuduhan Palsu” guna menekan Baghdad. Iran menegaskan serangan terhadap situs diplomatik.

“Iran melihat pembenaran AS yang absurd yang mengikuti beberapa pekan propaganda dan tuduhan palsu terhadap Iran dan pasukan Irak sebagai permainan saling menyalahkan, “ujar Bahram Ghasemi, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran.

Dikatakan, Teheran mengecam agresi terhadap diplomat AS berikut situs diplomatiknya. Ghasemi juga menuduh bahwa langkah AS merupakan dalih untuk menyebarluaskan “suasana tidak aman di Irak”.

Pada Jumat (28/9/18), Amerika Serika (AS) mengumumkan penutupan konsulatnya di Basra. Pemerintahan Donald Trump mengaku akan merelokasi personel diplomatik yang ditugaskan di Basra.

Tugas-tugas konsuler akan diambil alih oleh kedutaan AS di Baghdad. Keputusan tersebut dinilai semakin meningkatkan ketegangan antara dua negara yakni AS dan Iran atas target peningkatan sanksi ekonomi oleh pemerintahan Trump.

“Saya telah menjelaskan, Iran hendaknya memahami bahwa Amerika Serikat akan menanggapi dengan cepat dan tepat atas tiap serangan-serangan, “tutur  Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo,  dalam  pernyataannya menanggapi ancaman Iran.

Akan tetapi, Pompeo tidak secara tegas mengatakan apakah tanggapan AS akan dilakukan dalam waktu dekat. Para pejabat AS lainnya pun tidak mengungkapkan pilihan-pilihan aksi yang mungkin akan dilakukan. (hsn)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin