Kamis, Juli 18th, 2019

Masyarakat Jatisari Minta Tidak Ada Pihak Yang Coba Halangi Pembangunan Rumah Sakit Paru Karawang

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Masyarakat Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang Jawa Barat mengapresisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang yang berencana membangun Rumah Sakit Paru di Desa Jatisari Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang.

Perwakilan tokoh pemuda Kecamatan Jatisari akan all out dukung pembangunan Rumah Sakit Paru Karawang

Apresiasi itu dinyatakan oleh perwakilan tokoh pemuda dari 14 Desa yang ada di Kecamatan Jatisari, saat para tokoh pemuda tersebut mendatangi lokasi Rumah Sakit spesialis paru tersebut pada Selasa (17/8/18) sore.

“Masyarakat disini telah lama menanti pembangunan Rumah Sakit Paru, karena Rumah Sakit Paru disini akan menjadi Rumah Sakit rujukan yang ada di Provinsi Jawa Barat, “ujar Jepri, salah seorang tokoh pemuda dan Karang Taruna Desa Jatisari Kecamatan Jatisari.

Lokasi yang akan dibangun menjadi Rumah Sakit Paru Karawang pengerjaannya akan segera dimulai

Dikatakan dia, masyarakat yang ada di Kecamatan Jatisari telah lama mengetahui wacana akan dibangunnya Rumah Sakit spesialis paru tersebut yang rencananya akan berdiri diatas lahan 1,5 hektar are.

“Masyarakat telah mengetahui masalah ini termasuk mereka juga mengetahui bahwa anggarannya berasal dari Pemerintah Pusat yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai (DBHCT) dari Provinsi Jawa Barat, “tambahnya.

Rencananya, pembangunan Rumah Sakit Paru ini akan dilakukan secara berkelanjutan (multiyear) dan akan diawasi oleh semua masyarakat Kabupaten Karawang karena anggarannya bersumber dari kas negara.

“Rumah Sakit Paru yang akan dibangun ini adalah Rumah Sakit milik negara, karena anggaran pembangunannya juga bersumber dari kas negara. Maka sangatlah wajar jika semua elemen masyarakat Kabupaten Karawang tentu akan mengawasinya. Namun, sebagai masyarakat dan putera asli daerah Kabupaten Karawang kami meminta agar pembangunan Rumah Sakit Paru ini tidak dihambat apalagi dihalangi karena peruntukkannya adalah untuk kepentingan umum. Justru kita harus mendukung penuh pembangunan Rumah Sakit tersebut, “tegasnya.

Dijelaskan Jepri, mengacu kepada pernyataan Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, dengan istilah “Menuju Indonesia Sehat” maka tentunya Kabupaten Karawang harus memiliki tempat pelayanan kesehatan yang memadai bagi warga yang terkena penyakit paru dan salah satu caranya adalah dengan mendukung pembangunan Rumah Sakit tersebut.

“Masyarakat Jatisari sangat mendukung dengan dimulainya proyek pembangunan Rumah Sakit ini. Masyarakat juga berharap pengerjaanya akan berjalan aman dan lancar. Selaku warga yang tinggal di wilayah Kecamatan Jatisari kami merasa bangga karena RS Paru milik pemerintah ini berada di wilayah kami, “ucapnya.

Hal senada diungkapkan mantan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Deden Darmansyah. Deden mengaku bangga wacana pembangunan Rumah sakit Paru di Kabupaten Karawang itu akan segera terealisasi dalam waktu dekat.

“Wacana pembangunan Rumah Sakit ini telah bergulir sejak lama yakni sejak saya masih menjabat sebagai wakil rakyat di Provinsi Jawa Barat. Saya adalah tim perumus sekaligus pencetus karena saat itu sekitar tahun 2013 saya duduk di banggar DPRD Provinsi Jawa Barat. Ketika itu anggarannya telah mencapai sekitar Rp100 milyar, “ujar Deden Darmansyah.

Deden berharap, pembangunan Rumah Sakit Paru yang berlokasi di wilayah Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang akan berjalan tanpa rongrongan dari pihak manapun.

Pantauan tintabiru.com, bentangan garis dengan menggunakan tali telah tampak di lokasi sebagai tanda bahwa masterplan atau Detail Enginering Development (DED) akan mulai direalisasikan. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin