Rabu, Februari 20th, 2019

Pengembangan Kota Modern Meikarta Gairahkan Kembali Sistem Perekonomian

Oleh: Hasan Basri

BEKASI, TINTABIRU.COM – Dirjen Penyediaan Perumahan pada Kementerian PUPR, Syarif Burhanudin mengatakan, Pemerintah RI terus bertekad untuk mendorong pengembang (Para pelaku industri bidang properti), dan meminta kepada mereka untuk mengikuti apa yang telah dilakukan Lippo Group melalui konsep kota modern Meikarta.

Syarif Burhanudin menilai, pengembangan kota Meikarta sangat membantu pemerintah dalam mengatasi backlog atau kekurangan perumahan. Menurutnya, dengan harga mulai Rp 127 jutaan, masyarakat bisa membeli rumah di kota Meikarta.

“Pembangunan kota Meikarta adalah terobosan besar, baik dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, maupun dalam membantu pemerintah dalam memangkas backlog rumah, kata Syarif.

Dijelaskan dia, selain membantu pemerintah dalam mengatasi backlog rumah,  Meikarta juga memberikan multiplier effect yang sangat besar. Hal itu dikarenakan sektor properti memiliki mata rantai dengan 170 subsektor lainnya.

“Pembangunan Meikarta akan mampu menggairahkan kembali sistem perekonomian yang saat ini sedang melambat,” katanya.

Keberhasilan program satu juta rumah, kata Syarif, akan sangat ditentukan oleh suplai yang baik dari pihak pengembang.

Suplai yang dimaksud bisa melalui pembiayaan bank secara komersial maupun pemberian subsidi yang dibantu Pemerintah bagi rumah murah.

“Pemenuhan akan kebutuhan 11,4 juta backlog perumahan sangat membutuhkan terobosan baik dari pihak BUMN maupun swasta, “tandasnya.

Syarif menegaskan, pemerintah akan selalu siap bersinergi dengan cara memberikan semangat kepada pihak pengembang melalui kebijakan yang mampu memberikan gairah dan mendorong pembangunan perumahan yang ada di tanah air seperti yang dilakukan oleh Lippo Group.

Upaya sinergitas yang dimaksud, lanjut Syarif, termasuk masalah koordinasi dan implementasi di tingkat daerah yang dalam pelaksanaanya riil menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah setempat. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

SAKTI Desak BUMN Ikut Perbaiki Kerusakan Ruas Jalan Raya Cikalong-Cilamaya

Oleh: Hasan Basri KARAWANG, TINTABIRU.COM – Serikat Kerakyatan Indonesia (SAKTI) Kabupaten Karawang mendorong Pemkab Karawang …