Selasa, November 19th, 2019

Curang Dalam Pengerjaan, Proyek Pembangunan Puskesmas Cibuaya Kembali Dibongkar

Oleh: Darsen Tajudin

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kabupaten Karawang diminta waspada dengan pelaksanaan proyek pembangunan Puskesmas Cibuaya yang dikerjakan sejak 17 Juli lalu. Pasalnya, pengawas yang mengetahui pasangan besi sloof dan besi kolom melenceng dari gambar kerja malah dibiarkan.

“Waktu saya merangkai besi sloof dan kolom, konsultan pengawas juga melihat tapi saya tidak disalahkan, saya kan cuma kerja kang, ya akhirnya saya rangkai dengan bahan material yang sudah tersedia, “kata Maman (42) kepala tukang bangunan pada proyek tersebut.

Diakui Maman, ring untuk pasangan besi sloof dan kolom ukurannya 10 mm, tapi ia memasangnya dengan besi ukuran 8 mm. Maman juga mengakui, antara gambar kerja dan pelaksanaan dilapangan tidak sama, meski tidak semuanya.

Maman mengaku, yang melenceng dari gambar kerja hanya ring untuk sloof dan kolom serta galian untuk cakar ayam yang seharusnya kedalamannya mencapai 160 cm hanya digali 100 cm saja.

“Ada dua kesalahan saja yang melenceng dari gambar kerja, yakni cakar ayam yang seharusnya dipasang dengan kedalaman 160 cm namun hanya digali 100 cm dan pemasangan besi sloof dan kolom yang seharusnya berukuran 10 mm namun hanya menggunakan besi ukuran 8 mm, “terangnya saat berbincang dengan tintabiru.com, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, pelaksana proyek, Riyan, mengaku terkejut saat mengetahui adanya kesalahan pada pemasangan besi sloof dan kolom. Riyan berjanji akan membongkar semuanya untuk dirangkai ulang.

Riyan juga mengakui kelalaiannya, karena ring untuk sloof dan kolom berbeda dengan gambar kerja. Dirinya menyesalkan pembiaran yang dilakukan konsultan pengawas, karena saat besi dirangkai oleh tukang bangunan, sama sekali tidak ada komplain dari konsultan, sehingga membuat lambat pekerjaan.

“Ini kelalaian tukang yang tidak memperhatikan gambar kerja, saya akan bongkar semuanya meski sloof dan kolom sudah dipasang bekisting, jika saat itu konsultan pengawas menegur tukang, tentunya tidak akan tejadi kesalahan, masalah galian untuk cakar ayam sedang kami gali lagi, “tandasnya.

Selaku pelaksana proyek bangunan Puskesmas Cibuaya, Riyan berjanji akan menggenjot dan menambah lagi tenaga kerja agar bangunan puskesmas Cibuaya bisa rampung pada 23 November 2017. Karena menurutnya, sisa waktu pelaksanaan proyek tersebut hanya tinggal dua bulan lagi.

Diketahui, terjadinya kesalahan pemasangan besi ring untuk sloof dan kolom, setelah proyek tersebut telah berjalan selama dua bulan. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin