Rabu, Februari 20th, 2019

Pengakuan Amil: Oknum Pejabat KUA Karawang Timur Suka Minta “Jatah”

Oleh: Hasan Basri

SEJUMLAH amil di Kecamatan Karawang Timur mengaku sering dimintai uang oleh oknum pejabat di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat. Permintaan uang itu dilakukan saat para amil mendapatkan “order” menikahkan. Besarannya variatif, antara Rp50 ribu sampai Rp200 ribu.

Nikah Gratis KUA Kurang Sosialisasi

“Itu sudah lama terjadi. Bahkan bukan hanya kepada saya dia meminta jatah. Hampir pada semua amil di wilayah Karawang Timur dilakukannya,” ujar seorang amil yang bertugas di Kelurahan Karawang Wetan, yang namanya enggan dipublish.

Amil yang wilayah tugasnya meliputi kawasan Johar Barat, Gading Elok, Sukaati, Sukamurni dan Sukamanah itu mengaku, dirinya tak berani melaporkan kelakuan oknum pejabat KUA Karawang Timur lantaran takut dirinya dipecat dari profesinya sebagai amil.

“Kalau saya dapat kerjaan menikahkan mempelai yang tingkat ekonominya biasa saja, dia minta jatah paling Rp50 ribu. Kadang kalau tak ada, dia meminta diisikan pulsa sebesar Rp20 ribu,” lanjutnya.

Padahal kata dia, dirinya tak pernah mematok biaya pernikahan pada setiap mempelai yang dinikahkannya. “Ya kadang ada mempelai yang ngasih, kadang juga tidak. Saya tak pernah mematok apalagi meminta biaya apa-apa, kan itu dilarang,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan amil lain di Kelurahan Karawang Wetan yang juga enggan dipublish namanya. Amil yang wilayah tugasnya meliputi kawasan Johar Timur, Cinangoh Barat dan Kampung Sawah itu memaparkan, dirinya juga kerap dimintai uang, oleh oknum pejabat KUA Karawang Timur tersebut, dengan modus minjem.

“Kalau ke saya sih modusnya minjem uang,” katanya.

Tak hanya oknum pejabat yang suka memintai uang kepada amil, di Karawang Timur ada pegawai KUA berstatus PNS yang nyambi jadi amil. Pegawai KUA bernama Cecep Eka itu, disebut-sebut kerap “menggarap” pernikahan di wilayah Perum Gading Elok.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala KUA Karawang Timur, Saiful Bahri, belum bisa ditemui untuk mengkonfirmasikan kabar tersebut. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Panwascam Cikampek Pertanyakan Keberadaan Mobil Plat Merah di Acara “Prabowo Menyapa Warga Jawa Barat”

Oleh: Dadang Aripudin KARAWANG, TINTABIRU.COM – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cikampek, Sabtu (31/3/18) pagi …