Jumat, Juli 19th, 2019

Badai Mutasi di Pemkab Karawang Terjadi Hari ini! Semoga Gak ada ‘Wani Piro’

Oleh: Lita Agustin

HARI ini, Sabtu (31/12/2016), Pemkab Karawang melakukan perombakan besar-besaran dalam struktur organisasinya. Sebanyak 1.254 pejabat di lingkungan Pemkab Karawang diproyeksikan masuk dalam daftar perombakan itu. Ini merupakan sejarah baru di era kepemimpinan Cellica Nurrachadiana.

7219-82584Tentunya, perombakan besar-besaran ini juga tak luput dari perhatian jutaan warga Karawang, yang berharap akan adanya perbaikan di tubuh Pemerintahan Kabupaten Karawang, dalam artian semua pos dan jabatan diisi oleh orang-orang berkompeten di bidangnya.

Cellica Nurrachadiana, si pemilik tampuk kekuasaan, sempat sesumbar kalau dirinya tak main-main dalam menjalankan roda pemerintahan. Termasuk di dalamnya, dalam mengangkat dan menempatkan orang-orang di setiap pos organisasi perangkat daerah, maupun bagian di dalam kesekretariatan daerah. Dia pun sesumbar, dirinya hanya mengedepankan kinerja serta menjunjung tinggi pegawai aparatur sipil negara yang bersih dari tindakan nepotisme.

“Tidak ada wani piro! Saya jamin, aksi jual beli atau titip menitip dalam mutasi dan rotasi ini tak akan ada,” ujarnya kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Orang nomor satu di Pemkab Karawang itu menegaskan, dirinya bertekad mewujudkan pemerintahan yang baik, sesuai amanat rakyat yang hari ini diembanya. “Saya juga berkomitmen akan melakukan rotasi dan mutasi secara transparan dan berimbang. Semua akan dipublish kepada media sehingga pesan bisa tersampaikan kepada rakyat,” ucapnya.

Semoga itu bukan hanya ucapan semata. Tapi lebih dari itu, datang dari hati dan kemudian diimplementasikan dalam tindakan nyatanya. Jika ini benar terjadi, maka wanita cantik tersebut bukan hanya akan mendapatkan pujian, tapi juga akan semakin dicintai oleh warga Karawang.

Hmm….Kembali ke soal mutasi dan rotasi yang rencananya akan digelar pada sore nanti, tentunya perasaan HHC (harap-harap cemas) melanda 1.254 pejabat di lingkungan Pemkab Karawang. Betapa tidak, mereka yang selama ini menempati pos “basah”, bisa saja tergeser ke pos yang “gersang” atau malah masuk kotak. Begitupun sebaliknya, yang semula berada di pos “dangkal” bisa melesat menempati pos “licin”. Dan bahkan, bukan hal mustahil, mereka juga akan menempati pos baru, lantaran agenda mutasi dan rotasi kali ini juga menyusul dengan susunan SOTK (Satuan Organisasi Tata Kerja) baru yang belum lama ini disahkan.

rom_8312Kepala Bidang (Kabid) Mutasi Pegawai Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Karawang, Jajang Jaenudin, beberapa waktu lalu mengatakan, mutasi dan rotasi yang akan dilakukan di akhir tahun 2016, memang merupakan sebuah keharusan. “Dengan adanya perubahan SOTK, jumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Karawang akan berkurang. Meskipun jumlah dinas bertambah, namun nantinya kelurahan tidak lagi berdiri sendiri, melainkan berada dalam naungan kecamatan,” katanya.

Saat ini, di lingkup Pemkab Karawang ada 74 SKPD-nya. Dinasnya berjumlah 14, ditambah Satpol PP, Inspektorat, kemudian badan berjumlah 9, dan kantor ada 3. Jumlah kecamatan sebanyak 30, kelurahan dan sekretariat daerah (Setda). “Nanti ada 5 dinas baru, tapi akan berkurang jumlah SKPD-nya, kerena kelurahan tidak lagi menginduk langsung ke pemkab, tapi ke kecamatan,” lanjut Jajang.

Menurut Jajang, mengacu pada SOTK yang baru, maka pengisian jabatan eselon II kemungkinan tidak akan melalui proses lelang. Mengingat kebutuhan yang mendesak, dan harus segera dilakukan pengisian jabatan pada SKPD-SKPD baru yang telah ditentukan dalam Peraturan Daerah (Perda).

Dari perhitungan yang dimilikinya, total jabatan bagi eselon II berjumlah 31. Sementara untuk kepala bidang (kabid), ditentukan dalam peraturan bupati (Perbup). Misalnya dinas tipe A, kabidnya 4, tibe B, itu 3. Tapi ada juga dinas yang tipe A hanya 3 kabidnya. Untuk pengisian bidang-bidang tersebut masih menunggu usulan dari SKPD. (**)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Panwascam Cikampek Pertanyakan Keberadaan Mobil Plat Merah di Acara “Prabowo Menyapa Warga Jawa Barat”

Oleh: Dadang Aripudin KARAWANG, TINTABIRU.COM – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cikampek, Sabtu (31/3/18) pagi …