Sabtu, November 16th, 2019

Pertanyakan IMB PT. Surya Cipta Swadaya, Aliansi 4 LSM Ontrog Kantor DCK, “IMB Keluar di atas Tanah Sengketa”

KARAWANG – Pertanyakan soal izin mendirikan bangunan (IMB) milik PT. Surya Cipta Swadaya, aliansi 4 lembaga swadaya masyarakat (LSM) ontrog kantor Dinas Cipta Karya (DCK) Karawang, Kamis (15/12/2016). Kedatangan aliansi 4 LSM itu sempat membuat sejumlah staf DCK ketakutan lantaran orang yang berkompeten di OPD tersebut berusaha menghindar.

aliansi-lsm3Pantauan tintabiru.com, kantor DCK Karawang di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Nagasari Kecamatan Karawang Barat,sesaat mencekam. Para pimpinan dari 4 aliansi LSM yang terdiri dari LSM Barak Indonesia, KPMP, Pemuda Nusantara dan Laskar NKRI yang datang ke OPD tersebut hanya mendapati suasana kantor yang sepi.

Hanya ada seorang staf yang ditemui di ruangan kepala seksi pemanfaatan bangunan (IMB). Staf bernama Sarah, yang bertugas di bagian seksi pemanfaatan bangunan (IMB), malah balik menanyakan kedatangan perwakian aliansi 4 LSM, yang sebelumnya menanyakan keberadaan Kepala Seksi Pemanfaatan Bangunan DCK Karawang.

imb-ck1Sarah meminta kepada keempat pimpinan LSM untuk menempuh prosedur jika ingin menemui pimpinan mereka. Merasa tidak dianggap, Ketua Umum LSM Barak Indonesia, D Sutedjo MS, meminta Sarah agar menghadirkan pejabat yang berkepentingan. “Kami datang sudah sesuai prosedur, dan dijanjikan untuk audensi dengan pimpinan saudari tepat pada hari ini pukul 10 pagi. Tapi mengapa kedatangan kami, ibu anggap tidak sesuai prosedur? Padahal kami telah memberitahu melalui surat yang absah. Ini surat dan tanda terimanya,“ ujar Tedjo dengan nada sedikit tinggi, sembari memperlihatkan surat yang dimaksud.

Perdebatan kecilpun terjadi, hingga Sarah, staf di bagian seksi pemanfaatan bangunan (IMB), meninggalkan 4 pimpinan aliansi LSM itu, sambil menangis. Tak lama berselang, keempat pimpinan dari aliansi 4 LSM itu kemudian dipersilahkan masuk ke ruangan pejabat yang dimaksud.

imb-ck2Kepala Seksi Pemanfaatan Bangunan DCK Karawang, Safardi, awalnya gelimpungan saat aliansi 4 LSM itu menanyakan keberadaan IMB PT. Surya Cipta Swadaya. Dia kemudian mencari keberadaan berkasnya hingga membuka file, dan akhirnya ditemukan.

Kemudian, kepada aliansi 4 LSM itu mengungkapkan, jika IMB milik PT. Surya Cipta Swadaya dikeluarkan pada tahun 1997 saat kepala dinasnya dijabat oleh H. Hamzah Risa.

“IMB ini dikeluarkan pada tahun 1997, dan saat itu dinas ini dipimpin oleh Pak Hamzah Risa. Namun saat itu dinas ini masih bernama Dinas Pekerjaan Umum,“ jelasnya.

Menurut dia, IMB yang dikeluarkan untuk si pemohon PT. Surya Cipta Swadaya, hanya merujuk kepada Surat Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Karawang Nomor : 503. 640. /635/ XI/ DPUK/ tertanggal 29 November 1997 tentang Ijin Mendirikan Bangunan. Dan Surat Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kabupaten Karawang Nomor : 503. 640. /60/ VI/ DPUK, tertanggal 29 November 1997 tentang Ijin Mendirikan Bangunan.

Namun jelas dia, jika memang ada kesalahan tentang permohonan IMB oleh PT. Surya Cipta Swadaya, pihak DCK Kabupaten Karawang bisa mencabut IMB tersebut. “Dinas Cipta Karya bisa mencabut ijin IMB, jika memang status tanahnya masih bersifat sengketa,“ kata Safardi.

Saat ditemui tintabiru.com, Ketua LSM Pemuda Nusantara, Gabryel mengatakan, pihaknya merasa dibohongi oleh para pejabat DCK Karawang. “Satu minggu yang lalu, kami telah menyurati Kepala Bidang Tata Bangunan dinas ini, untuk mempertanyakan masalah ijin mendirikan bangunan milik PT. Surya Cipta Swadaya, dan pejabat tersebut mempersiapkan waktunya hari ini pukul 10.00 WIB (Kamis 15/12/16-red). Namun tidak ada satu pun pejabat yang mau menemui kami,“ ujar Gabryel yang ikut datang Ke dinas Cipta Karya.

Namun, saat dijanjikan untuk menggelar audensi dengan pejabat terkait, tak satupun kepala bidang maupun sekretaris dinas yang ada di tempat. “Masak gedung sebesar ini tak ada satupun pejabat yang ngantor,“ timpal Iwan Pitung, Ketua LSM KPMP.

Kedatangan aliansi 4 LSM, kata dia, adalah untuk meminta penjelasan mengenai IMB milik PT. Surya Cipta Swadaya, yang saat pengajuan permohonan IMB tidak memiliki sertifikat tanah.
“Saat mengajukan permohonan IMB, tanah tersebut adalah milik orang lain. Jadi PT. Surya Cipta Swadaya tidak menyertakan Sertifikat tanah saat pengajuan IMB kesini,“ sahut Tedjo. (hsn)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Belum Lunasi Pembayaran Siswi SMAN I Rengasdengklok Terancam Tak Bisa Ikut UN

Oleh: Darsen Tajudin KARAWANG, TINTABIRU.COM – Seorang siswi kelas XII SMAN 1 Rengasdengklok Kabupaten Karawang …