Minggu, November 17th, 2019

Kemlu Konfirmasi 177 WNI Ditahan di Filpina

SYIRIA, TINTABIRU.COM – Warga sipil berbondong-bondong meninggalkan Kota Hasaka di timur laut Suriah karena pertempuran yang memanas antara tentara Kurdi Suriah dan pasukan Presiden Bashar al-Assad.

Pertempuran ini disebut sebagai yang terburuk antara milisi Kurdi Suriah, YPG, dengan tentara Suriah dalam lima tahun perang sipil Suriah.

Seorang pejabat Pentagon mengatakan bahwa jet tempur Amerika Serikat telah dikirim ke dekat Hasaka pada Kamis lalu. Tujuannya untuk melindungi operasi khusus di medan perang dan sebagai respons atas serangan udara dari Suriah.

YPG sendiri merupakan bagian dari pasukan koalisi dengan milisi Arab untuk memerangi ISIS yang didukung oleh AS.

Serangan udara oleh Assad merupakan yang pertama kali menggempur kelompok Kurdi dalam perang Suriah.

Juru bicara YPG Redur Xelil mengatakan bahwa otoritas Kurdi telah mengevakuasi ribuan warga sipil dari wilayah yang mereka kuasai.

“Siapa pun bisa memanggul senjata memerangi rezim dan gengnya,” kata Xelil. “Situasi kami sejauh ini, defensif tetapi ini semua akan berubah jika rezim mengeskalasi seperti ini.”

Sementara itu, pasukan Assad menuding pasukan keamanan yang berafiliasi dengan YPG, Asayish, melakukan provokasi termasuk membombardir posisi militer di Hasaka, yang menewaskan tentara dan warga sipil. (red)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin