Sabtu, November 17th, 2018

Tim SAR Berhasil Temukan Black Box Lion Air JT-610

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Tim gabungan Basarnas yang terdiri dari TNI dan Polri kembali melanjutkan pencarian badan pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjungpakis Karawang Jawa Barat.

Tim Basarnas telah berhasil menemukan Black Box pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Tanjungpakis Karawang Jawa Barat

Tim Basarnas mengaku telah menemukan posisi keberadaan black box dan saat ini sedang tengah melakukan proses pengangkatan.

Kepala Basarnas, Marsekal Madya M Syaugi, mengatakan tim dari KRI Rigel dan KM Baruna Jaya telah menangkap sinyal dari black box maskapai Lion Air.  Sinyal Blak Box berhasil ditangkap menggunakan ping locater milik KNKT. Dari alat itu, terdengar suara dua sinyal yang berasal dari black box.

“Kita juga temukan ping locator (black box) yang bisa berbunyi. Kita dengarkan tit..tit..tit.., “ucap Syaugi.

Pernyataan Syaugi diperkuat oleh Karopenmas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo. Dia mengatakan, salah satu fokus pencarian pada hari ini adalah untuk mengangkat black box pesawat. Hal itu dilakukan lantaran sinyal black box yang ditangkap oleh radar kian melemah.

“Ya masih proses (pengangkatan), ”kata Dedi, Kamis (1/11/18).

Dedi mengungkapkan, Polri kembali mengirimkan bantuan kapal dan peralatan SAR Polri untuk membantu evakuasi puing pesawat Lion Air. Saat ini, kata Dedi, fokus pengkatan black box sesuai arahan dari Kepala Basarnas, Marsekal Madya M Syaugi.

“Info semalam dari Kepala Basarnas, ”tambahnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, dirinya telah mendengar sendiri suara sinyal yang dipancarkan oleh black box saat meninjau lokasi pencarian bersama Kabasarnas. Sinyal tersebut ditangkap menggunakan alat ping locater yang ada di KRI Rigel.

“Hari ini kita telah menemukan suara ping dari black box, bunyi ping-nya dua. Itu direkam, saya dengar sendiri dan ini memang suara dari suara black box, “ujar Panglima TNI saat konferensi pers di JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (31/10) kemarin.

Alat ini merupakan milik KNKT yang bisa digunakan untuk menangkap sinyal emergency locator transmitter (ELT) dari black box pesawat. Dari dua sinyal yang terdengar, tidak semuanya bersuara keras.

“Terdengar satu keras, satu kecil. Satu itu bagian black box satunya tertutup pasir, tapi suara itu ada, “ungkapnya. (hsn)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin