Selasa, Oktober 23rd, 2018

Sering Alami Kerusakan, Pemda Karawang Pasangi Portal Jalan Raya Cikalong – Cilamaya

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, Kamis (4/10/18) siang menginstruksikan pemasangan portal di jalan raya Cikalong-Cilamaya Kecamatan Jatisari untuk menghindari masuknya kendaraan bertonase.

Kendaraan bertonase berat yang sering melintasi jalan raya Cikalong-Cilamaya

“Hasil evaluasi kami, jalan ini memang banyak rusak akibat sering dilalui truck dengan tonase berlebih, “kata Kadishub Karawang, Arief Bijaksana.

Arief Bijaksana mengungkapkan, Bupati Karawang sangat menyesalkan kerusakan parah yang terjadi di sepanjang jalan raya Cikalong-Cilamaya akibat sering dilewati truck berkapasitas melebihi kemampuan jalan.

Arief Bijaksana (Kadishub Karawang)

Berdasarkan catatan, truck-truck tersebut berasal dari konsorsium PLTGU Jawa-1, yakni Pertamina-Marubeni-Sojitz yang  tengah melakukan pembangunan di wilayah Cilamaya.

“Kami hitung ada 7 ribu rit dalam tiga bulan terakhir, “ungkap Arief.

Dalam rangka pengawasan, Kadishub memerintahkan jajarannya untuk menjaga portal tersebut selama 24 jam.

Acep Jamhuri (Kadis PUPR Karawang)

Sementara, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri, menyatakan pihaknya telah beberapa kali melakukan perbaikan jalan raya Cikalong – Cilamaya dengan konstruksi rigit beton dengan anggaran sekitar Rp15 miliar.

Namun, ujar Acep, hanya beberapa tahun saja pasca perbaikan, jalan raya Cikalong-Cilamaya kembali menjadi rusak akibat sering dilintasi kendaraan barang yang beratnya mencapai belasan ton, sementara kemampuan jalan hanya delapan ton Muatan Sumbu Terberat (MST).

Secara estimasi, imbuh Acep, Pemerintah Daerah Karawang akan bisa menghemat ratusan milyar dana perbaikan dengan memasang portal besi di sejumlah jalan. Dengan tidak dilewati truck bermuatan melebihi kapasitas, kondisi jalan raya Cikalong-Cilamaya akan mampu bertahan lebih dari lima tahun.

Dijelaskan dia, penyebab utama kerusakan jalan raya Cikalong-Cilamaya adalah akibat banyaknya kendaraan yang melintasi jalan ini dengan membawa muatan melebihi kemampuan jalan. Sesuai kondisi di lapangan, jalan raya Cikalong-Cilamaya merupakan jalan kelas 3, yakni jalan yang hanya berkapasitas maksimal delapan ton Muatan Sumbu Terberat.

“Selama masih ada truck melintas dengan muatan melebihi kemampuan jalan maka jalan ini akan cepat mengalami kerusakan. Semua pihak harus peduli dan memahami kondisi ini dengan sama-sama mentaati aturan, “tegasnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Ketua Umum LSM Kompak Tantang Ketua DPRD Karawang

Oleh: Hasan Basri KARAWANG, TINTABIRU.COM – Perseteruan antara Ketua DPRD Karawang (Toto Suripto) dengan Kepala Dinas …