Selasa, Oktober 23rd, 2018

Peduli Nasionalisme dan Patriotisme, Anggota DPR RI Gelar Sosialisasi Pilar Kebangsaan di SMAN 2 Karawang

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Anggota komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar VII, Dadang S Muchtar, gencar menggelar sosialisasi pilar kebangsaan kepada guru dan pelajar di SMAN 2 Karawang.

Menurut Dasim, sapaan akrab Dadang S Muhtar, sosialisasi yang digelarnya bertujuan agar guru dan pelajar lebih mengusai tentang Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI sehingga rasa nasionalisme dan cinta tanah air tertanam dalam jiwa pelajar sekolah menengah atas di Kota Pantkal Perjuangan.

Terlebih, perbincangan peristiwa G30 S/PKI yang menjadi sejarah bangsa dan tanggal 1 Oktober menjadi hari kesaktian Pancasila. Sehingga, kata Dadang S Muhtar, sejarah bangsa ini perlu diketahui oleh para pelajar di Kabupaten Karawang.

“Salah satunya adalah dengan diajarkannya kembali bidang studi Pendidikan Moral Pancasil dan P4 di sekolah, “kata Dadang S Muchtar, baru-baru ini.

Mantan Bupati Karawang itu mengaku prihatin dengan kondisi pedidikan saat ini. Menurutnya, pendidikan nasionalisme dan patriotisme sudah berkurang. Bahkan pendidikan yang terdahulu sudah banyak yang hilang.

Dijelaskan dia, dahulu terdapat mata bidang studi Pendidikan Moral Pancasila (PMP) dan  Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) sebagai upaya untuk meningkatkan nasionalisme dan patriotisme kepada para guru dan pelajar.

Dasim menyayangkan saat ini bidang studi tersebut sudah tidak lagi diajarkan di sekolah meski ada mata pelajaran pengganti yakni bidang studi PPKN.

“Dengan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini kami berharap bisa menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme dan patriotisme bagi guru dan pelajar, meski waktunya terbatas namun semoga bermanfaat, “ujarnya lagi.

Dasim berharap kepada para pemangku kebijakan agar berupaya untuk kembali menggelar kegiatan yang bersifat kebangsaan dan training bela negara.

“Agar pelajar cinta tanah air, menghargai satu sama lain sesuai yang diajarkan Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika, “harapnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Reses di Karawang, Anggota DPR RI ini Bantu Warga Purwasari Seperangkat Alat Pemandian Jenazah

OLEH: HASAN BASRI ANGGOTA DPR RI dari Partai Demokrat, H. Hari Kartana menggelar reses di …