Kamis, November 15th, 2018

Diduga Selewengkan Bantuan Pemerintah, Petani Karawang Desak Dinas Pertanian Tindak Ketua Gapoktan Nakal

Oleh: Nurajat

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Sektor pertanian khususnya subsektor tanaman pangan memiliki peranan penting dalam menunjang kehidupan penduduk indonesia. Subsektor tanaman pangan juga memainkan peranan penting dalam hal pemenuhan kebutuhan pangan dan asupan gizi masyarakat. Hal itu tercermin dari peran strategis komoditas beras sebagai sebagai sumber pangan utama (makanan pokok) masyarakat.

Upaya mewujudkan swasembada pangan masih menjadi prioritas utama agenda pembangunan pemerintah pusat pada sektor pertanian. Hal itu tercermin dari pencanangan target swasembada padi (beras), jagung, dan kedelai pada beberapa tahun kedepan. Target pemerintah ini merupakan manifestasi dari visi ke 7 pemerintah yang tertuang dalam program Nawacita.

Untuk mewujudkan kedaulatan pangan khususnya padi (beras), jagung, dan kedelai, pemerintah telah melakukan berbagai cara untuk memberikan kemudahan kepada para petani melalui berbagai program bantuan yang di berikan kepada dinas terkait untuk di salurkan kepada para Gapoktan di masing masing daerah.

Namun, hal ini belum dirasakan oleh sebagian besar para petani dan anggota kelompok tani di beberapa daerah di Kabupaten Karawang.

“Bantuan traktor yang diberikan dinas pertanian Kabupaten Karawang kepada Ketua Kelompok Tani dalam rangka meringkan beban biaya produksi para petani di Dusun Tamiang Desa Sindangmulya Kecamatan Kutawaluya masih belum dirasakan para petani disini, “ujar Jeje, warga setempat.

Hal senada dikatakan Alfa Leo, warga Dusun Pasirawi Desa Pasirkaliki Kecamatan Rawamerta. Menurut dia, Dinas Pertanian Kabupaten Karawang harusnya melakukan evaluasi atau audit terkait pemberian traktor kepada para Ketua Gapoktan.

“Selama ini para anggota Gapoktan dan petani kecil tidak pernah merasakan yang namanya bantuan baik itu traktor ataupun bantuan lainnya, “kata Alfa Leo.

Guna merealisasikan program Nawacita dalam swasembada pangan, para anggota Gapoktan di wilayah Kabupaten Karawang mendesak Dinas Pertanian setempat untuk segera menindak para Ketua Gapoktan yang telah menyelewengkan bantuan pemerintah. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin