Senin, September 24th, 2018

Wakil Bupati Ahmad Zamakhsary Isi Khutbah Jum’at di Masjid Kodim 0604 Karawang Usai Hadiri Perayaan HUT RI Ke-73

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Usai menghadiri upacara perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 yang digelar di Lapangan Karangpawitan, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang pada Jum’at (17/8/18), Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsary S. Ag kemudian mengisi khutbah Jum’at di Masjid Komando Distrik Militer (Kodim) 0604 Karawang.

H. Ahmad Zamakhsary menyampaikan khutbah Jum’at di Masjid Kodim 0604 Karawang

Dalam khutbah jum’at yang disampaikannya, pria yang akrab disapa Kang Jimmy itu membahas pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bagi bangsa indonesia. Kang Jimmy menyitir sebuah ayat dari Al-Qur’an suroh Ali Imran ayat 103 yang berbunyi: Wa’tashimuu Bihablillaahi Jamii’aw Walaa Tafarroquu. Artinya: “Berpegang tegulah kalian semua dengan tali (agama islam) Allah SWT dan janganlah kalian bercerai berai.

“I’tashimuu adalah fiil amr, yang menunjukkan wajibnya untuk bersatu. I’tashimuu berasal dari kata I’tashoma Ya’tashimu I’thishooman, fiil amrnya adalah I’tashim. I’tashimuu adalah dhomir mukhotob yang menujukkan kepada semua umat islam. Dalam kaidah ushul fiqh disebutkan, “Al-Ashlu Fil Amri Lil Wujub Illa Maa Dalladalilu ‘Ala Khilafih” artinya: Asal kata dalam fiil amr (perintah) adalah menunjukkan wajibnya untuk menjalankan perintah tersebut. Sehingga ayat ini menunjukkan perintah wajibnya bagi kita untuk menjalin persatuan dan kesatuan, “kata Ahmad Zamakhsary dalam khutbahnya.

Saat mushofahah, Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsary didampingi Dandim 0604 Karawang, Letkol Inf Endang Sumardi, memeluk salah seorang jama’ah

Usai berakhirnya khutbah Jum’at, H. Ahmad Zamakhsary kemudian menjadi imam shalat Jum’at di masjid yang menjadi markas para TNI di Kabupaten Karawang tersebut. Pada rak’at pertama setelah fatihah Kang Jimmy membacakan suroh  Ali Imran ayat 159 (Fabimaa Rohmatin Minallahi Linta Lahum, Walau Kunta Fadhon Gholidhol Qolbi Lanfadhu Min Haulika), sementara pada raka’at kedua setelah fatihah Kang Jimmy membaca suroh Al-Insyiroh (Alam Nasyroh Laka Shodrok).

Kang Jimmy kemudian melakukan mushofahah  (bersalam-salaman) dengan semua jama’ah termasuk dengan Dandim 0604 Karawang, Letkol Inf Endang Sumardi S. Sos, Kasdim 0604 Karawang dan semua anggota TNI yang hadir pasca dirinya selesai membaca doa shalat Jum’at.

“Saya memberanikan diri menjadi khotib Jum’at disini karena kebetulan khotib yang dijadwalkannya tidak hadir, “kata Kang Jimmy dengan nada gurau dengan Kasdim dan Dandim 0604 Karawang. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Dandim 0604 Karawang Tutup Program Bhakti Sosial Siliwangi Satata Sariksa

Oleh: Hasan Basri KARAWANG, TINTABIRU.COM – Komandan Kodim 0604 Karawang, Letkol Arm Ayi Yosa Karya Winaya, …