Minggu, Oktober 21st, 2018

Keluarga Kurang Mampu di Karawang Sulit Dapatkan Layanan Kesehatan

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Keluarga kurang mampu/ Pra Sejahtera di Kabupaten Karawang masih sulit mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsary, saat bersama dengan Tegar, anak penderita penyakit liver akut

Hal itu dialami oleh Tegar  (13) warga asal Dusun Cilewo RT 01 RW 02 Desa  Cadas Kertajaya, Kecamatan Telagasari, Kabupaten Karawang.

Tegar yang merupakan penderita liver aku itu kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang secara gratis karena tidak terdata menjadi peserta Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan program kartu Karawang Sehat.

“Karena hal itu keluarga Tegar tidak mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan yang dijamin oleh negara, “ujar Ahmad Zamakhsary, Wakil Bupati Karawang kepada sejumlah wartawan pada Rabu (8/8/18).

Diketahui, keluarga Tegar merupakan keluarga tidak mampu dan kesulitan saat harus mengurus seluruh persyaratan untuk mendapatkan pengobatan gratis karena tidak terdata di Dinas Sosial Kabupaten Karawang.

Oleh karena itu, kata Ahmad Zamakhsary, dirinya meminta kepada Dinas Kesahatan dan Dinas Sosial bekerjasama dengan BPJS untuk mereview kembali validitas data warga miskin di Kabupaten Karawang agar dikemudian hari pemegang kartu Karawang Sehat/ Jamkesda tidak lagi mengalami kesulitan saat akan berobat ke rumah sakit.

“Selama ini data yang ada di Dinas Sosial masih menyulitkan warga miskin yang ada di Karawang untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis, “tambahnya.

Sebelumnya, Eva (35) yang merupakan ibu kandung dari Tegar, anak yang divonis menderita penyakit liver akut oleh Tim Medis RSUD Karawang terpaksa meminta bantuan Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsary, akibat kesulitan mengurus administrasi untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis.

“Tim Medis RSUD Karawang telah memvonis Putera saya (Tegar) menderita penyakit liver, padahal saya tidak memiliki biaya untuk berobat, “keluhnya.

Atas bantuan Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsary, Tegar akhirnya dirujuk untuk dirawat di RS Hasan Sadikin Bandung. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Wakil Bupati Karawang Obok – Obok BJB, Aktivis: “Priiiiiiit…. !!! Kang Jimmy Off Side Jalankan Peran”

Oleh: Hasan Basri KARAWANG, TINTABIRU.COM – Sekretaris LSM Kompak Reformasi, Pancajihadi Alpanji, Mempertanyakan sikap Wakil Bupati …