Minggu, Oktober 21st, 2018

Digeruduk MKB, Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat Pertimbangkan Aspirasi Masyarakat Untuk Bekukan Pertek Perpanjangan Kesatu IUP.OP an. PT. Atlasindo Utama

Oleh: Beno Karyono

BANDUNG, TINTABIRU.COM – Masyarakat Kabupaten Karawang, Jum’at (3/8/18) siang menggeruduk kantor Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Nomor 576 Bandung.

Ratusan massa dari Masyarakat Karawang Bersatu (MKB) saat melakukan aksi di depan kantor Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat

Kedatangan ratusan massa yang tergabung dalam Masyarakat Karawang Bersatu (MKB) itu untuk menuntut Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat agar membekukan/ mencabut Pertimbangan Teknis (Pertek) Perpanjangan IUP PT Atlasindo Utama yang dinilai cacat hukum dan menutup aktifitas pertambangan PT Atlasindo Utama.

“Atas nama masyarakat Kabupaten Karawang kami menuntut agar Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat membekukan/mencabut Pertimbangan Teknis Perpanjangan IUP. OP an PT Atlasindo Utama dan meminta dinas tersebut agar menutup kegiatan usaha pertambangan PT Atlasindo Utama di gunung Sirna Langgeng, “kata Kang Rere, koordinator lapangan MKB.

Menurutnya, aktifitas pertambangan PT Atlasindo Utama yang ada di Karawang  bagian Selatan tersebut semakin meluas dan telah merusak lingkungan secara permanen.

Ditegaskan dia, sebelum mendatangi Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, Masyarakat Karawang Bersatu (MKB) telah mendesak Pemkab Karawang pada 9 Mei 2018 lalu untuk segera menutup kegiatan pertambangan PT Atlasindo Utama. Pada saat itu, kata Rere, Bupati Karawang secara tegas menyatakan sikapnya terhadap penolakan perpanjangan IUP.OP  an. PT Atlasindo Utama dengan menandatangani tuntutan masyarakat.

“Pemkab Karawang diberikan batas waktu selama 60 hari kerja untuk melakukan penghentian aktivitas kegiatan pertambangan yang dilakukan oleh PT Atlasindo Utama di gunung Sirna Langgeng. Namun setelah batas waktu tersebut Pemkab Karawang menyatakan bahwa perpanjangan IUP. Operasi Produksi PT Atlasindo Utama diterbitkan oleh DPMPTSP Provinsi Jabar setelah adanya sarat teknis dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat yaitu pertimbangan teknis (pertek) operasi produksi perpanjangan ke-1 IUP PT Atlasindo Utama dengan Nomor: 027/Pertek.P-IUP.OP/Wil.II/09/2016 Tanggal 30 September 2016, “tegasnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Nasib Gunung Sirnalanggeng Ditentukan Oleh Ujung Pena Penguasa

Penulis: Beno** (Humas Masyarakat Karawang Bersatu) KARAWANG, TINTABIRU.COM – Gunung Sirnalanggeng yang berada di Kecamatan …