Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor Digratiskan

Oleh: Hasan Basri

PURWAKARTA, TINTABIRU.COM – Kasatlantas Polres Purwakarta, AKP Rizky Adi Saputro, menjelaskan mengenai adanya program Gubernur Jawa Barat yang diperkuat dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat dengan Nomor 973/146-Bappeda tentang pembebasan sanksi administratif berupa denda Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Kasatlantas Polres Purwakarta, AKP Rizky Adi Saputro

Dikatakan dia, meski bea balik nama kendaraan digratiskan namun ada biaya yang berkaitan dengan pelayanan administrasi yang menyangkut PNBP.

“Biaya balik kendaraan bermotor di wilayah Polres Purwakarta memang digratiskan, namun masyarakat perlu mengetahui ada biaya administrasi yang menyangkut Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), “kata AKP Rizky Adi Saputro.

AKP Rizky Adi Saputro menambahkan, Pelayanan administrasi yang masuk kategori PNBP diantaranya seperti: Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Biaya PNBP tersebut diimplementasikan melalui revisi Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis PNBP yang Berlaku pada Kepolisian. Revisi PP tersebut telah dimulai sejak September 2015 silam.

“Kami menyadari adanya penggratisan ini tidak seluruhnya sampai ke masyarakat karena tertutup isu lain. Sehingga ada sebagian masyarakat yang merasa terkaget-kaget. Padahal masalah ini telah dirancang sejak dua tahun lalu. Dengan pemberitaan ini kami berharap masyarakat bisa memahaminya, “jelasnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro
Tags:
author

Author: 

Tinggalkan Balasan