Waaah Parah!! Proyek Japak di Rengasdengklok jadi Ajang Pungli Oknum Ketua RW

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Salah seorang Ketua Rukun Warga di Dusun Warudoyong Selatan Desa Rengasdengklok Selatan Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang diduga melakukan pungli biaya pembangunan jalan setapak (Japak) yang biayanya telah ditanggung oleh Pemerintah Daerah.

Proyek Japak yang didanai oleh Pemerintah Daerah dijadikan ajang pungli oleh oknum Ketua RW setempat

Oknum RW yang diketahui bernama YSF itu diduga melakukan pungli kepada sejumlah warga Dusun Warudoyong Selatan Desa Rengasdengklok Selatan Kecamatan Rengasdengklok dengan besaran Rp150 hingga Rp200 ribu.

“Saya dan warga lainnya diminta iuran Rp150 ribu. Bahkan bos wawan juga dimintai iuran dan memberikan sejumlah uang kepada oknum Ketua RW tersebut, “kata Toyib, salah seorang warga Dusun Warudoyong Selatan RT 44 RW 10 Desa Rengasdengklok Selatan.

Dikatakan dia, dalam menjalan aksi punglinya oknum Ketua RW itu selalu berdalih uang hasil punglinya akan digunakan untuk pembangunan jalan setapak (Japak) yang ada di beberapa gang di lingkungannya.

“Warga di sebelah sana juga ada yang kena pungli, namanya Rasman. Tapi tidak tahu berapa besaran uang yang dipungutnya, “ujarnya.

Tindakan pungli yang dilakukan oknum Ketua RW di Dusun Warudoyong Selatan itu dibenarkan Widana, salah seorang Ketua RT 41.

Meski demikian, Widana tidak mau ikut campur dalam permasalahan yang terjadi di luar wilayahnya.

“Memang kemarin ada yang pada ribut gara-gara jalan pengen dilebarin mereka dimintai bayaran oleh oleh Ketua RW di lingkungannya, “seloroh Widana.

Menanggapi dugaan adanya praktek pungli yang dilakukan salah satu anak buahnya, Kepala Desa Rengasdengklok Selatan, Darim, mengaku tidak mengetahui secara pasti ulah oknum Ketua RW tersebut.

“Waduh, saya tidak tahu kang!! Namun jika memang hal itu benar terjadi maka Ketua RW itu akan saya panggil secepatnya. Karena pembangunan jalan di lingkungan itu tidak dipungut biaya sepeser pun, “tegas Darim.

Diketahui, pembangunan jalan setapak di wilayah RT 44 dan RT 43 RW 10 Dusun Warudoyong Selatan Desa Rengasdengklok Selatan bersumber dari dana Bantuan Gubernur.

Karena kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut tidak memasang papan nama maka oknum Ketua RW di wilayah itu menggunakan kesempatan tersebut untuk menjalankan praktek punglinya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro
Tags:
author

Author: