Gas Milik PT Pindo Deli 2 Kembali Bocor Belasan Warga Dilarikan Ke Rumah Sakit, Bupati Karawang: “Kami Akan Datangkan Tim Auditor Independen”

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Belasan warga Dusun Cigempol Desa Kutamekar Kecamatan Ciampel senin (14/5/18) malam dilarikan ke rumah sakit akibat keracunan gas clorin yang bocor milik PT Pindo Deli 2 yang terletak di kawasan industri Suryacipta Karawang.

Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana didampingi Kapolres Karawang dan Dandim 0604 saat meninjau PT Pindo Deli 2 terkait kebocoran gas caustic soda yang mengakibatkan 16 warga Desa Kutamekar mengalami keracunan

Mendengar informasi  tersebut, Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana langsung melakukan peninjauan ke lokasi pabrik dan berjanji akan mendatangkan tim auditor independen untuk melakukan penyelidikan terkait instalasi yang  selalu mengalami kebocoran dan menimbulkan kerugian bagi masyarakat sekitar.

“Kami bersama dengan Pak Kapolres dan Pak Dandim langsung menuju ke PT Pindo Deli 2 untuk mengetahui kejadian yang sebenarnya. Kami juga sempat meminta MAP instalasi yang terpasang di sekitar area pabrik, dan ternyata kondisinya telah mengalami karatan. Pihak PT Pindo Deli 2 berjanji akan segera mengganti instalasi tersebut pada Juni 2018 mendatang, “kata Cellica Nurrachadiana, Selasa (15/5/18).

Pihak PT Pindo Deli 2 memberikan keterangan terkait instalasi yang sering mengalami kebocoran

Dikatakan, dari 16 warga yang mengalami keracunan gas clorin, pihak Pemerintah Daerah telah menyerahkan penanganan kasus tersebut kepada Kepolisian Polres Karawang untuk melakukan penyidikkan.

Pemda Karawang juga akan kembali mengkaji ulang terkait perijinan yang dimiliki pabrik kertas terbesar di Asia Tenggra tersebut untuk untuk memastikan kelayakan pabrik tersebut dalam menjalankan kegiatannya, termasuk mempertimbangkan nasib 700 an buruh yang menggantungkan hidupnya di pabrik kertas tersebut.

Sementara, Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya, menuturkan dari 16 warga yang mengalami keracunan gas caustic soda milik PT Pindo Deli 2 pihaknya telah memintai keterangan dari sejumlah saksi dan korban untuk melakukan pengembangan terkait kebocoran gas di PT Pindo Deli 2 yang telah terjadi berulangkali.

“Kami masih terus melakukan penyelidikkan apakah kasus ini memang akibat human error atau memang kesengajaan. Sejumlah keterangan dari para saksi dan korban masih kami kumpulkan, karena kejadian ini telah berulang kali, “ujar Kapolres Karawang. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro
Tags:
author

Author: 

2 Responses

Comments are closed.