Gara-Gara Singgung Korp Marinir Kapolres Karawang Langsung Dipindah Tugaskan

Oleh: Hasan Basri

KARAWNG, TINTABIRU.COM – Gara-gara memimpin langsung pengamanan aksi unjukrasa di kawasan indusri KIIC, jabatan Kapolres Karawang yang disandang AKBP Hendy F Kurniawan langsung dicopot pihak Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia.

Kapolres Karawang, AKBP Hendy F Kurniawan diapit dua Perwira Menengah TNI Angkatan Laut saat menyampaikan permohonan maaf terkait penyataannya saat pengamanan aksi unjukrasa yang dianggap menyinggung Korp Marinir

Kronologis pencopotan jabatan Kapolres Karawang yang disandang AKBP Hendy F Kurniawan itu bermula, saat sejumlah massa yang terdiri dari karang taruna dan warga Desa Sukaluyu Kecamatan Telukjambe Timur, Selasa (8/5/18) siang menggelar aksi unjukrasa di depan pintu gerbang PT Indotech kawasan industri KIIC.

Unjukrasa yang digelar nyaris anarkis saat salah seorang anggota karang taruna berorasi dan mendorong-dorong pintu gerbang PT Indotech untuk memaksa masuk kedalam pabrik.

BERITA TERKAIT BACA JUGA: Kapolres Karawang: Dalam Bentuk Apapun Tidak Boleh Ada Kekuatan Premanisme di Karawang, Jabatan Saya Taruhannya!!

Disitulah AKBP Hendy F Kurniawan langsung memegang pengeras suara dan meminta kepada massa karang taruna dan warga setempat untuk tidak menggunakan cara-cara premanisme.

Yang anggota Marinir tunggu dulu, anggota POM (AL) lagi kesini ya!!  Kalau perlu Panglima (TNI) saya telphon biar kesini. Tidak boleh ada gaya-gaya preman disini. Saya Kapolres Karawang, AKBP Hendy F Kurniawan, catat!! Saya bertanggung jawab, ya!! Kalau ada yang tidak terima silahkan berhadapan dengan saya, saya bertanggung jawab sebagai Kapolres Karawang. Tidak boleh ada gaya-gaya preman di Karawang. Kalau anda menginginkan pekerjaan pengelolaan limbah silahkan bawa seleksi yang benar, tidak boleh dengan gaya-gaya preman, faham ya!! Kekuatan apapun tidak boleh ada, Silahkan fair!! Silahkan lakukan seleksi, ikuti seleksi. Karena perusahaan ada standard pengelolaan limbah, tidak asal memberikan SPK kepada siapapun, faham!! Silahkan kalau mau coba gaya-gaya preman di wilayah Karawang, saya pertaruhkan jabatan saya untuk melindungi kepentingan umum. Apalagi ada yang Marinir di depan saya, harusnya lebih faham aturan. Harus bisa mengendalikan masyarakat yang sipil, karena warga plus bukan warga biasa, faham!! Waktu tinggal 5 menit lagi silahkan anda bubar, “Tegas Hendy F Kurniawan.

Saat Hendy F Kurniawan mengultimatum massa pengunjukrasa menggunakan pengeras suara, entah dari kelompok mana, salah seorang yang berada di lokasi unjukrasa langsung mengambil gambar pernyataan Kapolres Karawang tersebut dan mensharenya di media sosial.

Akibatnya, salah seorang anggota dari TNI Angkatan Laut yang mengaku berpangkat Kopral langsung membuat rekaman video dan menantang serta memaki-maki Kapolres Karawang dengan mengancung-acungkan sangkur miliknya.

Tak berselang lama, Kapolres Karawang didampingi dua orang Perwira TNI Angkatan Laut langsung menyampaikan pernyataan permohonan maafnya terkait dengan statement yang disampaikannya saat memimpin pengamanan aksi unjukrasa yang menyebut-nyebut korp marinir.

Telegram pemindah tugasan Kapolres Karawang AKBP Hendy F Kurniawan pasca pernyataannya dianggap menyinggung Korp Marinir

Permohonan maaf juga disampaikan oleh Hendy F Kurniawan melalui rekaman videonya dengan didampingi Komandan Kodim 0604 Karawang, Letkol Inf Endang Sumardi.

Sehari pasca pernyataan Kapolres Karawang yang dianggap menyinggung Korp Marinir pada pengamanan demo unjukrasa di PT Indotech Kawasan KIIC, pihak Mabes Polri langsung mengirimkan telegram pergantian Kapolres Karawang dengan nomor: ST/ 1277/ V/ KEP/ 2018 Tertanggal 9/5/2018. (*)

BERIKUT VIDEONYA: Kronologis Lengkap Dicopotnya Jabatan AKBP Hendy Febriyanto Kurniawan Sebagai Kapolres Karawang

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro
Tags:
author

Author: 

One Response

Comments are closed.