Rabu, Agustus 22nd, 2018

Ribuan Massa Desak Pemerintah Daerah Tutup Perusahaan Pertambangan di Karawang Selatan

Oleh: Riady Hidayat

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Ribuan massa yang berasal dari berbagai elemen masyarakat Rabu (9/5/18) siang menggelar unjukrasa di depan kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang Jawa Barat.

Ribuan massa dari berbagai ormas dan LSM mendesak Pemerintah Daerah untuk segera menutup PT Atlasindo Utama di Karawang Selatan

Ribuan massa itu menuntut Bupati Karawang untuk tidak menerima perpanjangan ijin perusahaan pertambangan milik PT Atlasindo Utama yang mengeruk sebuah gunung di daerah Karawang bagian selatan.

Kondisi gunung Sirnalanggeng di Desa Cintalanggeng Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang yang tinggal separuh akibat dieksploitasi untuk pertambangan oleh PT Atlasindo Utama

Massa pendemo menilai pertambangan yang dilakukan PT Atlasindo Utama di daerah Kecamatan Tegalwaru Karawang telah merusak keseimbangan lingkungan, ekosistem dan merusak sumber air dan sungai bawah tanah yang selama ini digunakan warga untuk lahan pertanian ternak dan kebutuhan sehari hari.

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana menandatangani kesepakatan untuk menutup perusahaan pertambangan di Kabupaten Karawang bagian selatan

“Selain menimbulkan polusi hadirnya PT Atlasindo Utama di Kabupaten Karawang juga menimbulkan dampak kekeringan bagi warga Karawang. Sementara dari segi PAD PT Atlasindo juga tidak memberikan kontribusi yang signifikan, “kata Nace Permana, warga Karawang yang lahir di Karawang Selatan.

Sementara, Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana yang menemui massa aksi “Tolak Pertambangan” memastikan, pihaknya tidak akan memberikan ijin kepada perusahaan pertambangan manapun yang ada di wilayah Kecamatan Ciampel, Tegalwaru dan Pangkalan.

Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana saat diwawancarai sejumlah wartawan

“Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang memastikan tidak ada lagi aktifitas pertambangan di tiga wilayah yakni di Kecamatan Ciampel, Tegalwaru dan Pangkalan, “kata Cellica Nurrachadiana di depan massa pendemo.

Disaksikan Ketua DPRD Karawang, Toto Suripto, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana kemudian menandatangani surat keputusan bersama penutupan eksploitasi gunung sirnalanggeng oleh PT Atlasindo Utama yang beroperasi di Desa Cintalanggeng Kecamatan tegalwaru. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Nasib Gunung Sirnalanggeng Ditentukan Oleh Ujung Pena Penguasa

Penulis: Beno** (Humas Masyarakat Karawang Bersatu) KARAWANG, TINTABIRU.COM – Gunung Sirnalanggeng yang berada di Kecamatan …